Jadi Korban Cocoklogi Netizen Soal Kasus Vina Cirebon, Egi Rian Prayoga Buka Suara

Hegi Rian Prayoga

Usai polisi merilis nama dan ciri-ciri Daftar Pencarian Orang (DPO) soal kasus pembunuhan Vina Cirebon, banyak netizen yang melakukan cocoklogi terhadap akun-akun dan sejumlah foto yang mirip dengan deskripsi pelaku.

Hal ini menyebabkan beberapa orang yang sebenarnya tidak terlibat merasa gelisah dan terganggu atas tudingan tersebut.

Salah satu orang yang menjadi korban cocoklogi ini yakni Hegi Rian Prayoga, yang biasa dipanggil Egi.

Egi menjelaskan jika beberapa foto yang beredar di media sosial memang miliknya, namun dirinya menegaskan bukan pelaku yang dituduhkan tersebut.

Egi sendiri memiliki beberapa kemiripan yakni nama dari Hegi dan Pegi, tingginya sekitar 160 sentimeter dan badannya yang kecil saat foto itu beredar.

Tetapi kini, badan Egi lebih gempal dibanding fotonya dulu. “Ya, nama saya Hegi Rian Prayoga atau biasa dipanggil Egi. Jadi, foto yang beredar itu beberapa di antaranya benar foto saya.” Katanya saat diwawancarai media, pada Senin (3/6/2024).

“Awalnya saya juga kaget kenapa bisa viral seperti ini, setelah dicari tahu ternyata disangkutpautkan dengan pelaku kasus Vina dan Eki, sementara saya tidak pernah melakukannya sama sekali. Tuduhan semua tidak benar,” tambahnya.

Ia mengatakan, jika fotonya mulai viral sekitar dua minggu yang lalu. “Saya juga kaget, tidak menyangka sama sekali,” ucapnya.

“Atas viralnya foto saya, saya merasa sangat terganggu, banyak ancaman kepada diri saya pribadi dan keluarga, ancaman dari netizen, diancam sampai mau dibunuh. Sampai adik saya juga mendapat ancaman akan diperkosa dan dibunuh,” jelasnya.

Egi juga mengungkapkan, akibat viralnya foto itu, dia sempat didatangi oleh polisi dari Polda Jabar dan Polres Cirebon Kota tiga hari usai foto-foto tersebut viral.

“Polisi datang ke rumah menanyakan apakah mengenal korban dan pelaku (kasus Vina), saya jawab jujur sejujurnya tidak kenal. Pada saat kejadian itu saya berada di rumah teman,” ungkapnya.

Kini usai klarifikasi, Egi berharap agar netizen lebih bijak lagi dalam menggunakan media sosial dan tidak menudingnya tanpa bukti.

“Foto-foto yang tersebar mungkin ngambil dari akun media sosial saya, nama Facebook saya @Egi Ripraa,” harap Egi.

Tutup