Arab Saudi Umumkan Proses dan Mekanisme Ibadah Haji 2021

JAKARTA – Melalui kementerian Haji dan Umroh kerajaan Arab Saudi menginformasikan proses dan mekanisme pelaksanaan haji tahun 1442H/2021M.

Dalam pernyataan yang dipublish melalui akun resmi Twitter Kementerian Haji dan Umroh @HajMinistry menegaskan bahwa Kerajaan Arab Saudi yang biasanya melayani 150 juta jamaah haji di 10 tahun terakhir, tahun ini membatasinya dan hanya memberikan kuota untuk 60.000 jamaah haji saja.

Kerajaan Arab Saudi mencermati kondisi kesehatan global dari wabah virus Covid-19 dan varian-hariannya masih mewabah dimana-mana. Dalam kondisi seperti ini perlu mengambil kebijakan yang sangat hati-hati, guna memastikan proses ibadah haji berjalan dengan lancar.

Arab Saudi Umumkan Proses dan Mekanisme Ibadah Haji 2021

Dalam surat pernyataan tersebut Kerajaan Arab Saudi menyampaikan standar dan persyaratan keamanan ibadah haji sebagai berikut:

  1. Jumlah total jamaah ibadah haji 1442H/2021M adalah berjumlah (60.000) jamaah, yaitu bagi seluruh ekspatriat dari semua kebangsaan dan Warga Negara Arab Saudi.
  2. Kondisi kesehatan para jamaah haji 1442H harus bebas dari penyakit kronis
  3. Pelaksanaan ibadah haji tahun 1442 H akan dibatasi pada kelompok umur (18-65 tahun), yaitu bagi mereka yang telah melakukan vaksinasi sesuai standar yang ditetapkan Kerajaan Arab Saudi.

Dari pernyataan tersebut, menjawab semua pertanyaan calon jamaah haji dunia khususnya di Indonesia. Akan kepastian pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Di mana tahun ini Arab Saudi belum membuka kuota secara terbuka untuk seluruh negara dalam proses ibadah haji. Arab Saudi Umumkan Proses dan Mekanisme Ibadah Haji 2021

Reporter: Hilal Alfath
Editor: Wilujeng Nurani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup