Kartika Menjalani Kebaikan di Bulan Ramadhan

FOTO: Ist.

JAKARTA – Melakukan kebaikan di bulan Ramadhan sangat dianjurkan untuk menambah pahala. Bahkan ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meraih pahala di bulan Ramadhan.

Menjalani donor darah di bulan puasa ternyata boleh boleh saja. Dr.Endang Pratiwi Unit PMI Pusat DKI Jakarta memberikan penjelasan tentang donor darah.

Dilansir dari Viva.co.id Dr. Endang mengatakan, ia sangat bersemangat saat diminta forum Kartika Indonesia untuk kerjasama dengan PMI Provinsi DKI Jakarta.

Pihaknya menanggapi dengan senang, bersemangat karena di bulan puasa ini stok darah dan keinginan masyarakat untuk mendonorkan darahnya sangat kurang. Sehingga, dengan adanya kegiatan donor darah yang digelar oleh forum Kartika Indonesia, sangat membantu untuk kelancaran pelayanan transfusi darah di rumah sakit.

“Pasien banyak membutuhkan jadi saya sampaikan kepada masyarakat, pada teman-teman semua jangan takut untuk donor darah jadi sudah masuk waktunya, donor darah tidak membatalkan puasa, tidak membuat lemas karena itu sudah ada perhitungannya karena ada tipsnya yang mungkin harus disampaikan ya memang harus sahur,” kata Dr Endang.

Selain wajib sahur, Dr Endang juga mengatakan, saat ingin mendonorkan darah, sang pendonor juga harus dalam keadaan sehat. “Dengan dalam keadaan sehat dan marilah kita berdonor yang jelas kita sehat dan mereka pasien akan selamat,” katanya lagi. 

Dr Endang juga mengatakan, selang waktu untuk melakukan donor sarah adalah 2 bulan atau 60 hari. “Dan hari ke 61 sudah boleh donor lagi,” imbaunya.

Perlu diketahui, Forum Kartika Indonesia Bersama Opsinews menyelengarakan HUT 36 tahun Raden Ajeng Tumenggung Kartika Oman Putri Wijaya,SS,SH yang juga sebagai CEO dari media online Opsinews.id ke-2 bersinergi PMI Pusat DKI Jakarta melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa Donor Darah yang diikuti dengan antusias oleh para ASN di lingkungan Pemkot Bekasi dan masyarakat.

“Hati saya tergugah untuk membantu anak-anak pemulung yang berada di wilayah ini,” ujar Ketua Forum Kartika Indonesia.

Bertempat di Gedung Balai Patriot Komplek Pemkot Kota Bekasi,Jl.RW Tembaga IV No.1 Marga Jaya Bekasi Selatan,Kota Bekasi,Jumat, 22 April 2022.

Tak hanya menggelar donor darah, Forum Kartika Indonesia selaku penyelenggara juga menyiapkan 350 botol minyak goreng untuk dibagikan pada warga yang datang untuk donor darah. (Raf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup