Pemerintah Malaysia Bakal mengajukan Kesenian Reog Ponorogo ke UNESCO

FOTO: Dalam rangka peresmian Sedulur Warok Ponorogo (SWP) Bekasi dan Tasyakuran Reyog Singo Madyo Bekasi di Stadion Chandra Bhaga Kota Bekasi, pada Minggu, (28/11/2021).

Pemerintah Malaysia berencana mengajukan kesenian Reog Ponorogo sebagai kebudayaan negaranya ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

“Untuk Reog, Negara Malaysia rencananya mau ajukan juga, maka dari itu kita harus lebih dulu. Karena ini kan sudah menjadi budaya dan warisan kita,” kata Muhadjir dalam keterangan resmi Kemenko PMK yang dikutip dari CNN Indonesia, Selasa, 5 April 2022.

Terkait rencana tersebut, Muhadjir meminta agar pemerintah Ponorogo, Jawa Timur secepatnya mengusulkan kesenian Reog Ponorogo agar diakui oleh UNESCO. Terlebih lagi, Reog Ponorogo merupakan budaya khas Indonesia. Ia juga meminta mempersiapkan data-data pendukung yang diperlukan.

Muhadjir turut mengajak seluruh masyarakat untuk turut mendukung Reog Ponorogo menjadi budaya Indonesia bersifat tak benda di UNESCO.

“Saya mendukung penuh Reog diusulkan menjadi budaya tak benda di UNESCO. Saya upayakan supaya berhasil dan bisa menjadi kebanggaan, bukan hanya bagi masyarakat Ponorogo tapi juga seluruh Indonesia,” kata Muhadjir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup