Menu

Mode Gelap

Religi · 14 Feb 2022 02:29 WIB ·

Kisah Nabi Yusuf AS, Pernah Difitnah dan Dipenjara akibat Rayuan Zulaikha


					Ilustrasi Nabi Yusuf yang diselamatkan Allah SWT melalui musafir saat dibuang saudaranya ke sumur. (Sumber FOTO: Mindra Purnomo/Detikcom).
Perbesar

Ilustrasi Nabi Yusuf yang diselamatkan Allah SWT melalui musafir saat dibuang saudaranya ke sumur. (Sumber FOTO: Mindra Purnomo/Detikcom).

RNAMA Nabi Yusuf, trending di Twitter. Ribuan Tweet yang bercerita mengenai Nabi Yusuf ramai diberbincangkan warganet biak dalam negeri ataupun mancanegara.

Bagi kebanyakan umat Islam di dunia tentunya mereka sudah mengetahui sedikit dari kisah Nabi Yusuf. Yusuf alaihissalam merupakan cucu dari Ishaq.

Jadi nama lengkapnya jika dilengkapi dengan silsilahnya ialah Yusuf bin Ya’qub bin Ibrahim bin Azar bin Nahur bin Suruj bin Ra’u bin Falij dan terakhir ialah Nuh.

Nabi Yusuf A.S. merupakan sosok seseorang manusia yang telah terhubung dengan Tuhan. Manusia yang cerdas serta jujur dalam hidupnya mengalami berbagai kejadian yang dapat kamu temui pada buku Nabi Yusuf.

Nabi Yusuf alaihissalam merupakan nabi Allah yang berasal dari kaum Bani Israel. Beliau adalah anak Nabi Ya’kub dan Ribka. Diantara kedua belas saudaranya, hanya Bunyamin saja menjadi saudara kandungnya.

Ada banyak kisah semasa perjalanan hidupnya mulai lahir sampai akhir kehidupannya. Seperti yang dilansir dari Gramedia, Sabtu (12/2/2022).

Berikut sebagian kisah yang tertulis dalam kitab Al’qur’an, yang dijaga hingga saat ini atas izin Tuhan Yang Maha Esa.

1. Nabi Yusuf Dibuang ke Dalam Sumur
Dibandingkan dengan anak lainnya, Nabi Ya’qub memang memberikan perhatian lebih kepada Bunyamin dan Yusuf. Hal ini dikarenakan sifat keduanya yang sangat berbeda jika dibandingkan saudara lainnya. Situasi ini tentunya menimbulkan adanya rasa iri dari putra lainnya.

Nabi Yusuf dibuang oleh saudaranya ke dalam sumur ketika berhasil membohongi Nabi Ya’kub. Allah SWT nyatanya menyelamatkannya dengan memberikan tali lewat seorang pedagang yang tengah lewat. Akhirnya Nabi Yusuf dikembalikan kembali ke rumahnya oleh pembesar kerajaan Mesir.

2. Difitnah dan Dipenjara akibat Rayuan Zulaikha
Yusuf dijadikan anak angkat sekaligus melayani kebutuhan di rumah seorang pembesar kerajaan. Pasangan Qithfir dan Zulaikha sangat menyayanginya akibat ketampanan yang ia miliki.

Keduanya bahkan tidak percaya jika Nabi Yusuf adalah manusia dan sering mengira jelmaan malaikat.

Rasa kagum Zulaikha pun akhirnya membuatnya tidak bisa menahan godaan setan. Dirinya akhirnya merayu Yusuf untuk melakukan perbuatan tercela. Keduanya pun terlibat sedikit perkelahian akibat saling memaksa hingga akhirnya datanglah Qithfir. Zulaikha hanya bisa memfitnah Yusuf ke penjara.

3. Nabi Yusuf Dijual ke Orang Mesir
Para musafir terlihat begitu senang ketika melihat keberadaan Nabi Yusuf. Kesenangan ini akibat keberhasilan prediksi dimana sedang mereka peroleh.

Orang yang membeli Yusuf pun merasa bahagia karena menjadikannya sebagai anak sekaligus mendapatkan tempat dan layanan begitu baik.

Dalam Surat Yusuf ayat 23 sampai 29 menunjukkan bahwa Istri pembesar Mesir, Zulaikha merayu Yusuf untuk bersedia menuruti hasratnya. DIrinya meminta agar hal ini dirahasiakan namun masih saja diketahui oleh wanita di kota dan kalangan istana. Peristiwa ini pun membuat nama Yusuf menjadi buruk.

4. Kembali ke Keluarga
Kisah ini diawali ketika Nabi Yusuf dibuang ke dalam sumur oleh saudaranya dan dinyatakan meninggal diterkam binatang buas. Lantas, ayahnya, Nabi Yakub yang sudah berumur dengan daya penglihatannya kabur bisa mengenali anaknya lewat pakaian lusuhnya.

Singkat cerita, mereka pun akhirnya kembali bersama lagi. Banyaknya kisah hidup yang dilalui semasa Yusuf kecil tidak membuatnya sombong akan berbagai karunianya oleh Allah. Seperti halnya dikaruniai wajah sangat tampan dan garis keturunan kenabian dari buyutnya.

5. Mimpi Nabi Yusuf AS
Nabi Yusuf bermimpi melihat sebanyak 11 bintang dan matahari serta bulan bersujud kepadanya. Secara tersurat, ayat ini menceritakan bahwa Nabi Ya’kub meyakini jika anaknya kelak akan menjadi orang penting dan mempunyai kekuasaan. Harapan pun muncul agar mewarisi nubuwwah (kenabian).

Peristiwa ini menjadi pokok pentingnya kasih sayang oleh Nabi Ya’qub sangat mendalam jika dibandingkan dengan anaknya yang lain. Hal ini menimbulkan rasa kecemburuan pada saudara-saudaranya.

Perasaan ini pun berbahaya Nabi Yusuf bahkan sempat membuatnya dibuang di sumur.

Bagaimana kisa selanjutnya? Ikuti kelanjutan kisahnya pada buku Nabi Yusuf AS: Sang Rasul yang Rupawan.

6. Jamuan Makan oleh Zulaikha
Adanya jamun makan yang diadakan oleh Zulaikha juga menimbulkan adanya peristiwa lain dalam kehidupan Nabi Yusuf. Para undangan memang kebanyakan terdiri atas wanita dan sempat menggunjing satu sama lain akibat menggoda Yusuf.

Zulaikha yang mendengar gunjingan itu pun akhirnya meminta para undangan untuk memotong buah di depannya menggunakan pisau. Mereka pun terperangah ketika melihat ketampanan Nabi Yusuf hingga terpotong jari mereka pada saat mengupas kulitnya.

7. Nabi Yusuf AS yang Menafsirkan Mimpi Raja
Nabi Yusuf yang mendapatkan kesempatan untuk menafsirkan mimpi raja, akhirnya dibebaskan dari penjara akibat fitnah dari Zulaikha. Mimpi Al Aziz telah dijelaskan dalam surat Yusuf ayat 43 dan 44. Dirinya tengah bermimpi cukup unik sehingga membuatnya penasaran dengan arti dibaliknya.

Nabi Yusuf yang mendengar kabar ini maka Nabi Yusuf pun tertarik untuk mentafsirkannya. Peristiwa ini menjadi awal mula perkenalannya dengan raja Mesir. Ketertarikan Raja kepada Nabi Yusuf pun juga semakin kuat hingga akhirnya terbongkarlah tipu daya Zulaikha atas fitnahnya.

8. Yusuf menjadi Menteri Keuangan Negara
Takwil mimpi oleh Nabi Yusuf terhadap sang Raja membuat dirinya akhirnya diangkat sebagai Menteri Keuangan Negara. Penafsiran yang dilakukannya ternyata berhasil menjadi kenyataan. Penduduk Mesir pun diperintahkan untuk bercocok tanam saat menghadapi musim paceklik di waktu ke depan.

Apa yang diperintahkan Nabi Yusuf kepada orang Mesir nyatanya berkebalikan dengan kebiasaan sehari-harinya. Mereka pun merasa jika mendapatkan hasil lebih baik daripada sebelumnya.

Fakta ini menunjukkan bahwa suatu negara bisa berhemat secara sederhana untuk menghadapi masa-masa sulit. (riki/fjr/kbe/trkl)

Artikel ini telah dibaca 2.359 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Profil Mulan Jameela yang Kini Disorot Publik

24 September 2022 - 06:00 WIB

4428E6E9 AA30 497B 85BE C13A30A28918

Profil Hasnaeni Moein si Wanita Emas Pernah Bintangi Jin dan Jun

23 September 2022 - 14:34 WIB

20160325 hasnaeni moein 20160325 2017071

Guru Madrasah Bakal Terima Insentif Rp 3 Juta

21 September 2022 - 11:28 WIB

A2873A12 129B 42A6 BE2D 85D35541F833

Profil Audrey Vannessa Terpilih Jadi Miss Indonesia 2022

19 September 2022 - 08:12 WIB

D654EBEA F4C1 463E AF8B DB295A068815

Profil Friska Sondang Utami GM Hotel Harper Cikarang

16 September 2022 - 13:50 WIB

187F411C 487F 4877 B286 89BC74FF66BA

Pentingnya Peran Anak Muda Dalam Memakmurkan Masjid Daripada Nongkrong

15 September 2022 - 02:10 WIB

D0E08CB6 E9ED 4A67 96A5 863B8761A21A
Trending di Religi