Eddie Vedder Menggambarkan Penyakit yang 'Menakutkan' sebagai 'Pengalaman Mendekati Kematian'


Setelah Pearl Jam terpaksa membatalkan pertunjukan di Berlin dan London minggu lalu karena penyakit yang tidak diketahui yang diderita anggota band, penyanyi Eddie Vedder membuka diri tentang apa yang ia gambarkan sebagai “pengalaman mendekati kematian” selama kembalinya mereka ke panggung di Barcelona selama akhir pekan.

Dalam video yang diunggah oleh para penggemar, Vedder, 59 tahun, berbicara tentang situasi yang menakutkan itu tanpa mengungkap detail spesifik tentang penyakitnya. “Bolehkah saya katakan bahwa minggu lalu rasanya seperti pengalaman mendekati kematian?,” kata Vedder selama pertunjukan di Palau Sant Jordi di Barcelona. “Rasanya sangat tidak nyaman, dan menakutkan. Rasanya seperti bronkitis dada. Rasanya seperti mungkin Anda tidak bisa bernapas, dan mungkin Anda tidak akan bertahan sepanjang malam, dan mungkin Anda harus pergi ke rumah sakit.”

Setelah membatalkan pertunjukan di Stadion Tottenham Hotspur di London pada tanggal 29 Juni, band tersebut kemudian membatalkan pertunjukan dua malam di Waldbühne di Berlin.

Meskipun Vedder tidak mengatakan siapa saja di band tersebut yang terkena dampak selain “beberapa dari kami,” ia berterus terang tentang dampak mendalam dari masalah kesehatan tersebut terhadap dirinya. “Anda baru menyadari betapa berharganya hidup ini,” katanya. “Betapa beruntungnya kami hidup di planet tempat kami dapat berkeliling dan bermain untuk orang-orang luar biasa seperti orang-orang di ruangan ini malam ini. Jadi, itu adalah pengalaman yang mengharukan. Saya tidak akan melupakannya dalam waktu dekat. Dan kami tidak akan melupakan malam ini dalam waktu dekat.”

Minggu lalu, Pearl Jam mengumumkan pembatalan pertunjukan tersebut dalam sebuah pernyataan, dengan menulis di media sosial, “Meskipun semua orang telah berusaha sebaik mungkin, band ini belum pulih sepenuhnya. Dampak dari keputusan ini tidak luput dari perhatian kami. Kami sangat merasakan bahwa begitu banyak orang menghabiskan waktu, uang, dan energi emosional mereka untuk mendapatkan tiket dan kemudian datang untuk menonton band ini, dan sangat menyedihkan untuk mengecewakan Anda. Kami juga menghargai banyak orang yang bekerja keras untuk mewujudkan pertunjukan ini.”

Pertunjukan band berikutnya adalah di Mad Cool Festival di Madrid, Spanyol pada hari Kamis (11 Juli). Setelah manggung di Portugal pada tanggal 13 Juli, band ini akan beristirahat selama sebulan sebelum melanjutkan tur dunia Dark Matter mereka lagi pada tanggal 22 Agustus di Missoula, MT.

Tonton video penggemar mengenai komentar Veddder di bawah ini.


Sumber: billboard.com

Tutup