Waduh! Festival Kuliner Pecinan Nusantara Non-Halal Diprotes Ormas di Solo

Pembatalan ini terjadi setelah mendapat protes dari organisasi masyarakat (ormas) Dewan Syari'ah Kota Surakarta (DSKS).

Festival Kuliner Pecinan Nusantara Non-Halal yang rencananya digelar di Solo Paragon Mall, Solo, Jawa Tengah, dari Rabu (3/7) hingga Minggu (7/7) terpaksa dibatalkan.

Pembatalan ini terjadi setelah mendapat protes dari organisasi masyarakat (ormas) Dewan Syari’ah Kota Surakarta (DSKS).

Humas DSKS, Endro Sudarsono, menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan audiensi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Solo pada Rabu (3/7).

“Kami mengimbau agar umat Islam Soloraya tidak menghadiri acara festival kuliner makanan non halal di Solo Paragon,” ujar Endro, Kamis (4/7).

Selain itu, DSKS juga mengadakan audiensi dengan Polresta Surakarta untuk menyampaikan keberatan mereka terkait penyelenggaraan festival tersebut.

Endro menegaskan bahwa pihaknya meminta Pemkot Solo dan Polresta Surakarta lebih selektif dalam mengeluarkan izin acara. Menurutnya, makanan nonhalal bertentangan dengan ajaran Islam dan dapat menghalangi umat Muslim masuk surga.

“Mengapresiasi Pemkot Solo maupun Polresta Solo atas kemajuan dan ketertiban yang sudah berjalan selama ini. Untuk izin kegiatan seperti itu untuk lebih jeli lagi,” katanya.

Pihaknya mengaku keberatan atas diizinkannya acara tersebut. Sebab, dia menilai hal itu dapat menimbulkan keresahan masyarakat.

Tutup