Memahami Sejarah Perjuangan Rakyat Bekasi, Hima BKPI UPB Cikarang Sambangi Gedung Juang Tambun

Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (HIMA BKPI) Universitas Pelita Bangsa (UPB) Cikarang menggelar kunjungan Museum Gedung Juang 45 Tambun, Kabupaten Bekasi pada 29 Juni 2024.

terkenal.co.id – Belum lama ini Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (HIMA BKPI) Universitas Pelita Bangsa (UPB) Cikarang menggelar kunjungan Museum Gedung Juang 45 Tambun, Kabupaten Bekasi.

Hal itu disampaikan Ketua HIMA BKPI UPB, Adi Ginanjar mengatakan kegaitan ini dalam rangka Penelusuran dan Studi Museum dan melihat koleksi artefak dan benda bersejarah yang terkait dengan perjuangan sejarah bangsa.

“Diskusi dan pemaparan mendengarkan penjelasan dari pemandu atau narasumber tentang nilai-nilai sejarah, perjuangan, dan pentingnya memahami masa lalu untuk membangun masa depan yang lebih baik,” katanya kepada terkenal.co.id.

Tak hanya itu, Adi juga menjelaskan kegiatan ini secara interaktif yakni membuat permainan atau kuis berbasis sejarah untuk menambah pemahaman tentang materi yang dipelajari.

“Refleksi dan evaluasi Membahas kesan dan pelajaran yang didapat dari kunjungan tersebut, serta bagaimana hal-hal yang dipelajari dapat diaplikasikan dalam konteks pendidikan dan bimbingan,” ujarnya.

Kemudian juga, HIMA BKPI mengkunjungi Geudung Juang sebagai mengenal sejarah lokal, dengan memahami sejarah perjuangan rakyat Bekasi dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Menambah pengetahuan tentang peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di Bekasi selama masa penjajahan dan revolusi. Mengapresiasi warisan budaya dan sejarah yang telah dilestarikan di museum ini, Menginspirasi generasi muda untuk menghargai dan melanjutkan perjuangan para pahlawan,” bebernya.

“Menghormati jasa-jasa para pahlawan dan pejuang yang telah berkorban demi kemerdekaan Indonesia,” pungkas dia.

Tutup