Euro 2024: Pratinjau pertandingan perempat final Belanda vs Turki

Belanda dan Turki telah mencapai performa terbaiknya pada waktu yang tepat dan akan saling berhadapan di perempat final yang seru.

  • Siapa: Belanda vs Turki
  • Apa: Perempat final Piala Eropa 2024
  • Di mana: Stadion Olympiastadion di Berlin, Jerman
  • Kapan: Pertandingan akan dimulai pada hari Sabtu, 6 Juli pukul 9 malam waktu setempat (19:00 GMT)
  • Cara mengikuti: Al Jazeera akan menayangkan komentar teks langsung pertandingan, termasuk tiga jam persiapan.

Meski bukan pertandingan glamor perempat final, Belanda dan Turki bisa jadi merupakan salah satu pertemuan paling berkesan.

Kualifikasi gugup Belanda di cabang olahraga ketiga di grup mereka diikuti oleh penampilan terbaik mereka di Euro 2024 di putaran terakhir ketika mereka mengalahkan Rumania 3-0 dalam kemenangan komprehensif.

Turki, salah satu tim paling menghibur untuk ditonton di Jerman, mendominasi pertandingan babak 16 besar melawan Austria, tetapi pada akhirnya, hanya menang tipis 2-1.

Belanda sama sekali tidak mengesankan di babak penyisihan grup, di mana mereka menderita kekalahan telak dari Austria dan berbagi hasil imbang tanpa gol dengan Prancis. Namun, tim asuhan Ronald Koeman bangkit kembali di waktu yang tepat saat turnamen memasuki fase gugur.

Kemenangan meyakinkan atas Rumania – berkat gol dari Cody Gakpo dan dua gol dari Donyell Malen – telah memberi Oranje kepercayaan diri menjelang perempat final, tetapi mereka menghadapi tim yang sama optimisnya apalagi para penggemarnya.

Stadion Olimpiade Berlin sebelum pertandingan
Stadion Olimpiade Berlin juga akan menjadi tuan rumah final pada 14 Juli (Fabian Bimmer/Reuters)

Turki siap hancurkan harapan kebangkitan Belanda

Mutu Turki diragukan ketika mereka menderita kekalahan telak di tangan Portugal pada babak penyisihan grup, tetapi mereka secara mengejutkan melaju ke babak delapan besar dengan menyingkirkan Austria yang sedang dalam performa terbaiknya, yang juga muncul sebagai kuda hitam.

Turki kini telah merebut predikat itu dari Austria dan berpeluang melaju ke semifinal untuk kedua kalinya dalam sejarah.

Ferdi Kadioglu, pemain kelahiran Belanda, yang menjadi pemain menonjol dalam kemenangan Turki atas Austria, gembira dengan prospek bermain melawan negara kelahirannya.

“Belanda pasti takut pada kami,” katanya. “Jika Anda melihat seberapa banyak energi yang kami curahkan dalam sebuah pertandingan. Kami juga menciptakan peluang berbahaya dan bermain dengan baik dalam bertahan. Kami berjuang sangat keras. Kami juga memiliki pemain ke-12 bersama para penggemar.”

Bintang muda Real Madrid asal Turki, Arda Guler, telah bermain dengan kedewasaan yang jauh melampaui usianya yang 19 tahun, menunjukkan ketenangan dan keterampilan saat ia bertindak sebagai penyalur serangan balik timnya, dan ia memberikan assist untuk gol kedua melawan Austria. Pemain sayap asal Belanda Xavi Simons memberikan pengaruh yang sama untuk timnya, menciptakan gol pembuka bagi Cody Gakpo melawan tim Rumania dari posisinya di sayap kanan.

Dengan dominasi Belanda dalam penguasaan bola melawan Rumania dan Turki yang senang membiarkan Austria menguasai bola dan menyerang balik mereka, Olympiastadion Berlin kemungkinan akan melihat hal yang sama lagi, dengan banyaknya talenta muda yang tampil.

Pemenang kontes ini akan menghadapi Inggris atau Swiss di semifinal di Dortmund.

Peringkat FIFA:

Belanda (7), Turki (42)

Rekor pertemuan langsung:

14 pertandingan – 6 kemenangan untuk Belanda, 4 untuk Turki, 4 seri

Lima pertandingan terakhir:

Belanda: WLDWW
Turki: DuniaWLWL


Sumber: aljazeera.com

Tutup