Jessica Campbell dari Seattle Kraken Menjadi Wanita Pertama yang Melatih di NHL

Jessica Campbell membuat sejarah — lagi!

Campbell, 32, akan menjadi wanita pertama yang memimpin bangku cadangan NHL setelah ditunjuk sebagai salah satu asisten pelatih baru untuk Seattle Kraken pada hari Rabu.

Waralaba mengumumkan akan mempromosikan Campbell ke posisi asisten pelatih, menjadikannya wanita pertama yang melatih dalam 105 tahun sejarah liga.

Tim juga mengumumkan telah merekrut Bob Woods sebagai asisten pelatih, dengan Campbell dan Woods akan bergabung dengan pelatih kepala Dan Bylsma di bangku cadangan.

Campbell mengatakan dia “merasa rendah hati berada di posisi ini,” dalam sebuah pernyataan yang dibagikan kepada PEOPLE.

“Saya sering diingatkan (untuk mengukir sejarah sebagai pelatih wanita pertama) dan itu memberi banyak makna pada pekerjaan,” katanya. “Saya tahu bahwa jika tim meraih kesuksesan dan dampak yang saya berikan baik, itu berpotensi membuka pintu bagi orang lain dan membuka mata bagi orang lain untuk berpikir secara berbeda. Saya mencoba untuk benar-benar memusatkan perhatian pada apa yang penting setiap hari untuk berada di masa kini, berada di masa sekarang, untuk tetap berada di medan perang bersama para pemain. Dan meskipun saya merasa terhormat menjadi yang pertama, saya tidak ingin menjadi satu-satunya.”

Jessica Campbell.
Christopher Mast/NHLI melalui Getty

 

“Ini adalah hari penting bagi organisasi kami,” kata General Manager Seattle Kraken Ron Francis dalam sebuah pernyataan yang dibagikan kepada PEOPLE. “Kami menghadirkan pengalaman melatih yang berharga bagi staf kami dan yakin bahwa Bob dan Jessica akan memberikan dampak langsung bagi tim kami.”

Campbell sebelumnya membuat sejarah pada bulan Juli 2022 dengan menjadi wanita pertama yang bekerja sebagai asisten pelatih di AHL, afiliasi liga minor NHL. Warga asli Saskatchewan ini telah menjadi asisten pelatih untuk Coachella Valley Firebirds selama dua musim terakhir, di mana ia juga bekerja bersama Bylsma saat ia menjadi pelatih kepala tim liga minor Seattle.

Jessica Campbell.
Peter Schatz/Berita Langsung Alamy

 

“Selama masa jabatan kami di Coachella Valley, saya melihat langsung komitmen Jessica terhadap pengembangan pemain,” kata Bylsma, 53 tahun, dalam sebuah pernyataan yang juga dibagikan kepada PEOPLE. “Kemampuannya untuk menjalin hubungan dengan para pemainnya, khususnya Tye Kartye, Shane Wright, dan Ryker Evans, merupakan faktor penting dalam perekrutan ini. Saya berharap dapat terus bekerja dengannya di level NHL.”

Sebelum bergabung dengan Coachella di AHL, Campbell bekerja sebagai asisten pelatih dan pelatih keterampilan untuk Nürnberg Ice Tigers dari DEL, liga profesional pria teratas di Jerman selama musim 2021-22. Campbell juga menjabat sebagai asisten pelatih untuk Tim Jerman di Kejuaraan Dunia IIHF 2022, tim yang juga mencakup penjaga gawang Kraken saat ini, Philipp Grubauer.

Campbell sendiri juga merupakan mantan pemain. Sebagai mantan kapten di Universitas Cornell, Campbell bermain selama tiga musim secara profesional bersama Calgary Inferno di Liga Hoki Wanita Kanada sebelum bergabung dengan Malmo Redhawks selama satu musim di liga Divisi 1 Swedia.

Ia juga dinobatkan sebagai MVP turnamen Kejuaraan Dunia IIHF 2010 saat ia memimpin kompetisi dalam perolehan skor dan membantu memimpin Tim Kanada meraih medali emas.

“Ia memiliki latar belakang yang menarik, tidak hanya dalam hal skating, tetapi juga pengembangan keterampilan,” kata Francis dalam sebuah konferensi pers pada hari Rabu, menurut ESPN. “Itulah bagian penting dari apa yang telah mereka lakukan di Coachella Valley. Ia menjalankan power play, bekerja sama dengan para pemain depan, dan bekerja sama dengan semua orang untuk membantu meningkatkan kemampuan skating mereka, pengembangan keterampilan mereka dan, seperti yang dikatakan Dan, baik ia maupun Stu Bickel telah menjadi bagian penting dari keberhasilan mereka di sana.”


Sumber: people-com

Tutup