‘I Get Around’ dari The Beach Boys: Putar Ulang Tangga Lagu, 1964

“Pada tanggal Empat Juli 1964, Beach Boys menduduki puncak Billboard Hot 100 dengan ‘I Get Around,’ singel No. 1 pertama oleh grup penyanyi pria Amerika dalam delapan bulan,” tulis Fred Bronson dalam Buku Billboard tentang Lagu-Lagu Hits Nomor Satu. “Waktunya tepat, karena Beach Boys sedang … mempromosikan lagu-lagu anak-anak, gadis-gadis peselancar di AS dan California.” Ditambah lagi, “Beach Boys sering mengadakan konser pada tanggal Empat Juli.”

“I Get Around” – yang mengikuti empat pemimpin tangga lagu The Beatles sejak Februari 1964, di antara para artis Inggris yang menduduki puncak tangga lagu – menjadi lagu pertama Beach Boys yang menduduki posisi No. 1 di Hot 100, dengan entri ke-12 mereka dalam survei tersebut. Mereka sebelumnya mencapai 10 besar dengan “Surfin’ USA” (No. 3, Mei 1963), “Surfer Girl” (No. 7, September 1963), “Be True to Your School” (No. 6, Desember 1963) dan “Fun, Fun, Fun” (No. 5, Maret 1964). Khususnya, Beach Boy Brian Wilson, yang menulis “I Get Around” dengan rekan satu bandnya Mike Love, mencapai No. 1 sebagai penulis dalam rentang waktu itu, melalui “Surf City” milik Jan & Dean, yang berkuasa selama dua minggu pada bulan Juli 1963.

Pada masa kejayaan “I Get Around” di Hot 100, Beach Boys terdiri dari Wilson dan Love (yang berbagi vokal utama dalam grup), adik-adik Wilson, Carl dan Dennis Wilson, dan Al Jardine.

Sejak itu, Beach Boys telah meningkatkan jumlah karier mereka menjadi empat Hot 100 No. 1, di antara 15 10 teratas. Setelah menguasai selama dua minggu untuk “I Get Around,” mereka kembali menguasai dengan “Help Me Rhonda” (selama dua minggu pada tahun 1965), “Good Vibrations” (dua minggu, 1966) dan “Kokomo” (satu minggu, 1988). Ketika “Kokomo” melejit ke No. 1, aksi tersebut mengakhiri jeda terpanjang antara para pemimpin hingga saat itu. (Paul Grein menjadi tajuk utama kolom Chart Beat majalah tersebut minggu itu: Beach Boys yang Bangkit Kembali Masih Berputar.)

Pada musim liburan yang lalu, lagu klasik Beach Boys “Little Saint Nick” berdenting hingga posisi No. 25 Hot 100, peringkat tertinggi mereka sejak lagu “Kokomo”.

The Beach Boys dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 1988. Pada tahun 2001, mereka mendapat penghargaan prestasi seumur hidup dari Recording Academy, sementara lima rekaman grup tersebut telah dipilih masuk ke dalam Grammy Hall of Fame, termasuk “I Get Around” pada tahun 2017.

Pada tanggal 2 April, Beach Boys merilis otobiografi berjudul sama, dan dokumenter Disney+ ditayangkan perdana pada tanggal 24 Mei.

Tulis Wilson (yang pada bulan Mei dinilai membutuhkan konservatori karena kesehatannya) dalam deskripsi resmi Amazon untuk buku setebal 408 halaman, “Ada cinta dalam musik dan orang-orang dapat merasakan cinta itu, terlepas dari apakah Anda berusia dua tahun atau 92 tahun. Bagi saya, musik adalah tentang cinta. Cinta adalah pesan yang ingin saya bagikan. Itulah yang membuat kerja keras itu berharga.”


Sumber: billboard.com

Tutup