Nayeon TWICE Pecahkan Rekor K-pop: Dua Kali Kemenangan di Billboard 200

 

Nayeon, salah satu anggota girl group K-pop populer TWICE, telah mencapai tonggak penting dalam karier solonya dengan menjadi solois K-pop pertama yang memiliki dua album yang masuk tangga lagu Billboard 200 secara bersamaan. Pencapaian ini menandai rekor baru bagi solois K-pop dan semakin memantapkan posisi Nayeon sebagai tokoh terkemuka di kancah musik global. Dua album yang berhasil masuk tangga lagu Billboard 200 adalah:

  1. “IM NAYEON”: Album ini, yang merupakan mini-album solo perdana Nayeon, telah mempertahankan posisinya di tangga lagu selama 41 minggu berturut-turut. Saat ini, album ini menempati posisi ke-195 di Billboard 200.
  2. “MISAMO”: Ini adalah album spesial yang dibuat oleh sub-unit Jepang TWICE, yang terdiri dari anggota Mina, Sana, dan Momo. Album ini telah memasuki tangga lagu di posisi ke-96.

Pencapaian Nayeon ini sangat penting karena menunjukkan kemampuannya untuk meraih kesuksesan baik sebagai artis solo maupun sebagai bagian dari sub-unit TWICE. Keberhasilan gandanya di tangga lagu Billboard 200 ini merupakan bukti keserbagunaannya dan popularitasnya di kalangan penggemar musik di seluruh dunia. Tangga lagu Billboard 200 memberi peringkat album-album terpopuler di Amerika Serikat dari semua genre.

Peringkat ini didasarkan pada konsumsi multi-metrik, yang mencakup penjualan album tradisional, album setara lagu (TEA), dan album setara streaming (SEA). Kehadiran Nayeon di tangga lagu ini menunjukkan bahwa musiknya telah memperoleh daya tarik yang signifikan di pasar Amerika, yang sering dianggap sebagai tolok ukur keberhasilan global dalam industri musik.

Prestasi ini menambah daftar prestasi Nayeon sebagai artis solo. Saat “IM NAYEON” pertama kali dirilis, lagu ini memulai debutnya di No. 7 di tangga lagu Billboard 200, menjadikan Nayeon sebagai solois K-pop pertama yang masuk 10 besar. Lagu utama album ini, “POP!”, juga tampil baik di berbagai tangga lagu Billboard, termasuk tangga lagu Global 200 dan Global Excl. US.

Kesuksesan Nayeon sebagai solois saat masih menjadi anggota aktif TWICE menunjukkan tren yang berkembang di kalangan idola K-pop yang mengejar proyek individu di samping aktivitas grup mereka. Strategi ini memungkinkan para artis untuk mengeksplorasi berbagai gaya musik dan terhubung dengan penggemar dengan cara-cara baru, sekaligus berkontribusi pada pertumbuhan dan diversifikasi industri K-pop secara keseluruhan.

Pencapaian dua album yang masuk tangga lagu Billboard 200 secara bersamaan bukan hanya merupakan kemenangan pribadi bagi Nayeon, tetapi juga momen penting bagi K-pop secara keseluruhan. Hal ini menunjukkan semakin meningkatnya daya tarik global para solois K-pop dan kemampuan mereka untuk bersaing di tangga lagu internasional bersama artis-artis Barat yang mapan. Pencapaian ini kemungkinan akan menginspirasi idola K-pop lainnya untuk mengejar karier solo dan meraih kesuksesan serupa di panggung global.

NAYEON “ABCD” M/V
NAYEON “POP!” M/V

 


Sumber: kpoppie.com

Tutup