Keren Lewat Wakaf, PBM Az Zahra Cahaya Negeri DD Gunakan Metode Abahata Aljabari dan Hatam

Pusat Belajar Mengaji (PBM) Azzahra Cahaya Negeri sedang melakukan Training of Trainer (TOT) Guru Ngaji.

LAMPUNG – Pusat Belajar Mengaji (PBM) Az Zahra Cahaya Negeri Dompet Dhuafa melakukan Training of Trainer (TOT) Guru Ngaji, Sejumlah para pengajar mengikuti kegiatan tersebut. mengunakan Metode Abahata Aljabari dan Hatam (hafal Tanpa Menghafal) di PBM Azzahra Cahaya Negeri, Kecamatan Abung Barat, Lampung Utara.

“Saat ini di PBM kita ada 4 gedung utama di lantai dua, kemudian di bawah itu ada aula. Ya yang mana 4 gedung utama dan aula ini alhamdulillah untuk saat ini sudah kita gunakan. Aktivitas dari pada santri disini itu dimulai dari jam 2 siang sampai jam 5 lewat sore, kita belajar Al-Qur’an metode dan Abah Hatta aljabari.”kata Ust. Surya Aripin, Pengelola PBM Az Zahra Dompet Dhuafa saat diwawancara, Kamis (14/10/2021).

Masih kata, Surya Aripin, mengatakan ada santri Takosus itu 5 orang betul-betul di didik di sini selama 24 jam.

0D99BA58 0B9F 4346 943B 9F2282E353DB
PBM Azzahra Cahaya Negeri Dompet Dhuafa, Kecamatan Abung Barat, Lampung Utara.

“Baik itu nginap disini dan mereka pun makannya juga disini Itu khusus, Dan ada juga orang tuanya itu mengamanahkan anaknya untuk mengaji dan menjadi santri di PBM Az-Zahra ini. jadi selama ini di khususnya di Lampung Utara itu masyarakat atau guru-guru ngaji di sekitaran sini itu menggunakan metode metode iqra dan turutan. Ya sehingga kita yang hadir di PBM Azzahra ini mencoba untuk membaharui metode yakni metode Abah Hatta al-Jabari dan metode hatam.” tuturnya.

Lanjutanya, “Karena selama ini yang kita tahu untuk menghafal Alquran itu sulit, Ya apalagi membaca, sementara kita disini mencoba menghadirkan metode khatam namanya. Aktifitas disini dimulai dari 28 Juni 2021. sampai saat ini santri kita sudah mencapai 190, Usia santrinya itu kita kelompokkan, usia dari 4 sampai 19 tahun itu mengaji di siang dan sore hari”ungkapnya.

PBM Az Zahra Dompet Dhuafa saat ini  sedang membangun kamar, taman bermain bagi anak-anak santri membangun masjid Az-Zahra.

“Selain itu ada lagi, mungkin dalam waktu dekat ini juga akan dibangunkan sumur bor. Sementara selain mereka belajar Alquran disini, belajar ilmu agama disini, mereka kita ajarkan juga skill pemberdayaan. Ya, nanti kalau misalkan bapak mau lihat di belakang, ada itu pemberdayaan kita secara. skala rumahan masih, Itu ada kolam ikan kemudian ada perkebunan mini dan juga ada peternakan yang skala rumahan juga sosial ekonomi juga”jelasnya.

Diketahui, yang mengajar sekaligus mengelola PBM Az Zahra Cahaya Negeri Dompet Dhuafa, ada Ustad Surya Arifin sebagai pengelola dan pimpinan di sini, Ustad Satri Mulyadi sebagai alumni sekolah dai dari Dompet Dhuafa untuk menjadi bagi santri tafasus, Ustad Rezki Muhammad Fikri, dai lokal Kecamatan Abung Barat ini, Ustazah Rahma, Ustazah Nova. (Ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup