Kampus IPB Gelar Prosesi Wisuda Program Diploma, Budiyanto: Pengabdian Cemerlangmu Kami Tunggu

Foto: Budiyanto saat berikan sambutan.

BOGOR – Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali menggelar prosesi Wisuda Program Diploma Sekolah Vokasi graha Widya wisuda.

Pada kesempatan itu Budiyanto, mewakili DPP Himpunan Alumni IPB mengucapkan selamat dengan penuh rasa bangga dan haru kepada seluruh wisudawan yang sudah menyelesaikan studi di Program Diploma Sekolah Vokasi IPB dan selamat bergabung di Himpunan Alumni IPB sebagai alumni baru yang berkualitas dan berintegritas.

“Karya dan pengabdian cemerlangmu kami tunggu, di mana pun bidang pengabdian yang akan dipilih. Saya yakin Anda akan menjalani petualangan kehidupan dengan sukses karena telah ditempa di ladang persemaian benih kepemimpinan yang kuat di IPB tercinta.”ucapnya Budiyanto, Selasa (12/10/2021).

Sebagai alumni IPB, ia juga merasakan beruntung dahulu dapat berkuliah di IPB. Keunikan sistem perkuliahannya telah mengantarkan nya lebih adaptif terhadap berbagai lingkungan pekerjaan.

“Lebih mandiri dan kreatif dalam menyelesaian berbagai permasalahan. Sehingga bisa berkiprah untuk bangsa dan negara sampai seperti sekarang ini,” kata dia.

Menurutnya, hampir 25 Tahun dia meninggalkan IPB dengan optimisme tinggi, karena dia yakin IPB merupakan salah satu institusi Pendidikan Tinggi Terbaik di Indonesia dan dipastikan bahwa lulusannya juga merupakan produk terbaik, termasuk dirinya dan semua wisudawan/ti yang ada di ruangan.

Karena Hampir sebagian besar institusi Pemerintahan di Republik ini, diisi dan dikelola atas keterlibatan alumni IPB, BUMN, Lembaga Keuangan, Perbankan, Media, Eksekutif Daerah, Kelembagaan Legislatif disemua tingkatan dan juga profesi lainnya sebagai professional dan juga Pengusaha.

“Sebagai aktivis saat di Kampus, saya merasakan betul bahwa kebersamaan kita dengan semua kawan-kawan saat kuliah, akan sangat memberikan arti penting sebagai sebuah jaringan koneksitas yang akan membantu eksistensi kita baik sebagai pribadi maupun sebagai sesama alumni untuk saling membesarkan dan saling support untuk memastikan IPB dengan segala instrument didalam mampu terus berkiprah membangun bangsa dan negara,” ujarnya.

Masih lanjut, “Sebagai alumni yang telah lulus duluan, saya berpesan kepada Anda para lulusan baru, untuk memastikan oftimisme Anda bahwa Anda akan menjadi bagian Pengelola Negeri yang kita cintai bersama, jangan lagi berfikir sebagai trouble maker, pastikan Anda menjadi problem solver, jangan menjadi follower pastikan Anda sebagai Inisiator, jangan hanya pengekor pastikan Anda seorang creator dan jangan menjadi objek “Korban”, pastikan Anda adalah Subjek atau “Pelaku Utama”, kapan dan dimanpun anda berada,” sambungnya.

Selain itu, masih kata dia, Alumni IPB memiliki kapasitas untuk melakukan peran lebih banyak, bisa sebagai aktivis, bisa sebagai Abdi Negara, professional, Pengusaha dan bahkan merangkap beberapa profesi sekaligus. Dan Anda akan mampu melakukan itu.Sebagai alumni IPB, jangan lagi minder atau merasa inferior, pastikan Alumni IPB harus lebih baik dari alumni manapun, karena IPB telah mencetak kita untuk selalu Mencari dan memberikan yang Terbaik.

“Semoga kesuksesan Anda dalam kehidupan nanti, tidak hanya bermanfaat bagi Anda dan keluarga melainkan juga berpengaruh positif terhadap organisasi alumni kita, terhadap almamater serta terhadap bangsa dan negara Indonesia tercinta ini. Hal itu Sejalan dengan tema program kerja Himpunan Alumni IPB sekarang ini yaitu menjadikan alumni yg Solid, Sinergis dan Kontributif bagi kemajuan alumni, almamater dan bangsa,” tuturnya.

Tambah dia, tantangan terbesar alumni IPB adalah bagaimana menyatukan gerak langkah dan potensi kita dalam mencapai realisasi tema tersebut.

“Oleh karena itu saya mendukung upaya HA IPB dalam menghimpun dan memfasilitasi para alumni antara lain dengan program kerjanya seperti: Forum Silaturahmi Alumni, Mentoring Leader, Forum Bisnis Alumni, Badan Kebencanaan Aksi Relawan Mandiri, Friday Talks, Bem Konsolnas Pertanian, Alumni Insight, Penanaman Pohon Langka, Diaspora Alumni dan Mentoring Diaspora serta program lainnya, baik yang dilakukan Himpunan Alumni IPB maupun oleh Himpunan Alumni Fakultas dan juga himpunan Alumni Angkatan masing-masing.”bebernya.

“Di tangan Anda-lah masa depan Indonesia ini. Di genggaman Anda lah kemajuan kehidupan masyarakat yang lebih baik. Di pundak Anda lah kesinambungan serta eksistensi pertanian Indonesia dititipkan. Untuk itu rencanakanlah perjalanan sukses karya dan pengabdian Anda sebaik mungkin. Jadilah bagian dari alumni yang menginspirasi dan sebagai role model bagi generasi alumni berikutnya.Ingat, 2045 merupakan Satu Abad Indonesia Merdeka, dan disaat itulah Beban Bangsa dan Negara Indonesia ada dibawah tanggung jawab Anda,” tuturnya.

Tambahannya, “Bersiaplah dengan ilmu pengetahuan, penguasaan teknologi tepat guna, jaringan pertemanan, kemampuan financial dan kekuatan persatuan dan kesatuan bangsa, karena Anda-lah Pemimpin Indonesia saat itu nanti,” tutupnya. (Ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup