Kebangkitan Chappell Roan Menjadi Bintang, Ini Alasannya

Saat Chappell Roan terus menggemparkan dunia pop, Papan iklan sedang melihat kembali karir penyanyi tersebut sejauh ini untuk melihat bagaimana dia sampai di sini dalam edisi terbaru Billboard Penjelasan.

Setelah besar di Willard, Mo., Kayleigh Rose Amstutz (nama lahir Roan) mulai mengupload cover dan lagu orisinal ke YouTube saat remaja. Menandatangani kontrak label besar pertamanya dengan Atlantic Records pada usia 17 tahun, Roan melanjutkan untuk merilis EP debutnya Malam Sekolah pada tahun 2017 dengan dukungan label. Namun setelah merilis single “Pink Pony Club” pada tahun 2020, Roan dikeluarkan dari daftar Atlantic.

Membentuk kemitraan menulis dengan penulis lagu superstar Dan Nigro, Roan terus merilis musik baru, yang mengarah ke debut tangga lagu Billboard pada Oktober 2023, saat ia debut di No. 8 di tangga lagu Emerging Artists. Dia kemudian menduduki puncak tangga lagu selama tiga minggu mulai Mei 2024.

Dalam beberapa bulan terakhir, Roan telah tampil di panggung yang semakin besar dan semakin menarik perhatian para penggemar. Setelah menjadi pembuka bagian dari Tur Dunia Guts Olivia Rodrigo, Roan menjadi berita utama dengan penampilannya di Coachella. Sejak itu, musiknya dengan cepat naik ke tangga lagu — empat lagunya baru-baru ini memasuki Billboard Hot 100 (hit terobosannya “Good Luck, Babe!” mencapai No. 19 di tangga lagu tanggal 29 Juni), sementara album debutnya Kebangkitan dan Kejatuhan Putri Midwest mencapai 10 besar Billboard 200 untuk pertama kalinya sembilan bulan setelah dirilis.

Setelah video tersebut, tonton lebih banyak video Billboard Menjelaskan dan pelajari tentang kesuksesan tangga lagu RM, kesuksesan tangga lagu Stray Kids, Peso Pluma dan booming musik Meksiko, peran yang dimainkan oleh label rekaman, asal muasal hip-hop, bagaimana Beyoncé sampai di Renaisans, evolusi girl group, BBMA, NFT, SXSW, keajaiban boy band, American Music Awards, Billboard Latin Music Awards, tangga lagu Hot 100, bagaimana R&B/hip-hop menjadi genre terbesar di AS, bagaimana festival dipesan lineup mereka, formula sukses Billie Eilish, sejarah pertarungan rap, kesadaran non-biner dalam musik, Billboard Music Awards, gerakan Free Britney, kebangkitan K-pop di AS, alasan Taylor Swift merekam ulang enam album pertamanya , boomingnya kolaborasi terkenal yang seluruhnya perempuan, cara pemilihan nominasi dan pemenang Grammy, alasan penulis lagu menjual katalog penerbitannya, dan masih banyak lagi.


Sumber: billboard.com

Tutup