Semua Tentang Putra dan Putri Duke


Bintang film barat dan pemenang Academy Award John Wayne adalah ikon karena sikapnya yang keras dan citranya yang kasar dalam film-film layar peraknya — dan menurut anak-anaknya, kepribadian Wayne dalam layar “The Duke” mirip dengan kepribadiannya di rumah.

“Ayah saya tangguh, namun sangat penyayang,” kata putra saya, Ethan Wayne Penjaga pada tahun 2020. “Dia sudah tua. Saya tidak tahu bagaimana lagi untuk menggambarkannya. Dia tidak banyak bicara, tapi dia bisa membuat beberapa kata-katanya sangat, sangat berdampak dan bermakna.”

Wayne menikah dengan Josephine Saenz pada tahun 1933, dan mereka memiliki empat anak: Michael Wayne, Mary Antonia “Toni” Wayne, Patrick Wayne dan Melinda Wayne. Pasangan ini bercerai pada tahun 1945, dan aktor tersebut menikah dengan Esperanza Baur pada tahun 1946. Mereka bercerai pada tahun 1954, dan Wayne menikah lagi untuk terakhir kalinya, dengan Pilar Palette, pada tahun yang sama. Pasangan itu memiliki tiga anak: Aissa Wayne, John Ethan Wayne dan Marisa Wayne. Wayne dan Palette berpisah pada tahun 1973 tetapi tetap menikah sampai aktor tersebut meninggal pada tahun 1979.

“Saya belajar banyak dari ayah saya,” kata Ethan Penjaga. “Dia tidak pernah menyuruh saya 'melakukan ini' atau 'melakukan itu', tapi dia memberi contoh. Anda tidak pernah ingin mengecewakannya.”

Banyak anak-anak Wayne yang mengikutinya dalam bisnis keluarga, bekerja di Hollywood, mengejar karir artistik atau bekerja untuk melestarikan warisan aktor, baik melalui John Wayne Enterprises dan The John Wayne Cancer Foundation, yang didirikan oleh anak-anaknya setelah kematian Wayne karena kanker perut.

Teruslah membaca untuk mengetahui segala hal tentang ketujuh anak John Wayne.

Mereka dibesarkan di Pantai Newport, California

John Wayne menggendong putrinya, Aissa, di lokasi syuting “The Alamo”.

Bettmann


Wayne memiliki peternakan di California dan Arizona, tetapi tempat tinggal utamanya adalah rumah tepi laut di Pantai Newport, California, sekitar satu jam di selatan Los Angeles. Dia dan anak-anaknya adalah pemain tenis yang rajin — sedemikian rupa sehingga aktor tersebut akhirnya membuka klub tenisnya sendiri di kota. Namun lebih dari di tempat lain, keluarga tersebut menghabiskan waktu di perahu mereka.

“Di waktu luangnya, hidupnya berpusat di laut,” cerita Ethan Penjaga pada tahun 2020. “Kami memiliki kapal penyapu ranjau Perang Dunia Kedua yang telah diubah namanya Angsa liar dan setiap musim panas, kami berlayar ke British Columbia dan Alaska. Setiap musim dingin, kami membawanya ke Meksiko.”

Ethan kemudian menjelaskan bahwa namanya diambil dari karakter penentu karier Wayne di film tersebut Para Pencaridan sebagai seorang anak, dia bangga “menjalani ketangguhan ayah saya.”

“Saat kami berada di Cabo atau La Paz, Meksiko, kami akan menambatkan perahu jauh dari pantai dan berenang di dalamnya,” kenangnya. Penjaga. “Itu sekitar 25 menit berenang. Saya ingat suatu kali, ketika saya berumur tujuh atau delapan tahun, berenang ke arah sekumpulan ular laut dan berkata, 'Astaga. Ada ular laut di sini, Ayah!' Dia menjawab, 'Ya, teruslah berenang, Nak.' Begitu kami sampai di pantai… dia memeluk saya erat-erat dan berkata, 'Kerja bagus, Barang Besar.' Saya sangat bangga telah berhasil melewatinya, bangga menjadi putra ayah saya.”

Toni dan Patrick muncul di banyak film bersama ayah mereka

John Wayne dan Patrick Wayne dalam 'Para Pencari'.

Warner Bros/Kobal/Shutterstock


Toni, yang meninggal pada tahun 2000, adalah putri tertua Wayne dan tampil di beberapa film bersamanya, termasuk Pria Pendiam pada tahun 1952 dan Alamo pada tahun 1960. Patrick melakukan debut di layar bersama ayahnya di Rio Grande pada tahun 1950 dan muncul di 10 film Wayne dan beberapa acara spesial televisi.

Michael menjadi kepala perusahaan produksi ayahnya

John Wayne bersama putranya Michael dan Patrick Wayne.

ZUMA Press, Inc./ Alamy


Michael, yang meninggal karena gagal jantung pada tahun 2003 setelah operasi, memiliki karir yang panjang dalam memproduksi film, akhirnya menjalankan perusahaan produksi ayahnya, Batjac Productions. Setelah Michael memproduseri Wayne's 1963 McLintock! tepat waktu dan sesuai anggaran, kata sang bintang kepada seorang teman, menurut Waktu Los Angeles, “anak saya itu menjalankan kapal yang ketat. Dia orang yang serius dan bukan omong kosong.”

“Dia adalah putra John Wayne, tapi itu bukan alasan dia menjadi seorang produser,” kata teman Harry Carey, Jr. Waktu Los Angeles setelah kematian Michael. “Dia tahu bisnisnya luar dalam.”

Meskipun mewarisi saham ayahnya di Batjac setelah kematian Wayne, Michael berhenti berproduksi untuk membentuk John Wayne Enterprises dan mengawasi citra dan warisan anumerta aktor tersebut, melisensikan penampilan Wayne pada produk-produk seperti memorabilia dan menyalurkan sebagian dari hasil penelitian kanker, per Waktu New York.

“Sayang sekali dia tidak melanjutkan produksi karena dia luar biasa, dan Duke sangat bangga padanya,” kata ikon Hollywood Maureen O'Hara kepada Waktu Los Angeles. “Kita semua dulu.”

Anak-anak Wayne mendirikan yayasan kanker untuk menghormatinya

Patrick Wayne, Marisa Wayne, dan Ethan Wayne menghadiri Pratinjau Lelang John Wayne di Institut Ukraina Amerika pada 23 September 2011 di New York City.

Neilson Barnard/Getty


Ketika Wayne didiagnosis mengidap kanker paru-paru pada tahun 1964, dan akhirnya sebagian paru-parunya diangkat untuk melawan kanker tersebut, dia menentang konvensi standar pada saat itu, yaitu tetap diam tentang penyakitnya. Sebaliknya, dia berbicara secara terbuka tentang kondisinya dan bekerja sama dengan American Cancer Society untuk meningkatkan kesadaran. “Ada banyak sekali citra bagus dalam diri John Wayne yang berhasil mengalahkan kanker,” katanya kepada pers saat itu.

Setelah Wayne meninggal karena kanker perut pada tahun 1979, anak-anaknya mendirikan John Wayne Cancer Institute di Rumah Sakit St. John di Santa Monica, California, dan John Wayne Cancer Foundation, untuk mengenangnya.

“Saat dia di tempat tidur, sakit dan sekarat, dia menatap anak-anaknya dan berkata, 'Gunakan nama saya untuk melawan kanker,'” kata Ethan di Instagram pada tahun 2023. “Dan itulah yang kami coba lakukan selama 44 tahun terakhir. bertahun-tahun.”

Ethan sekarang menjalankan kepentingan keluarga

John Wayne dan John Ethan Wayne di lokasi syuting 'The Million Dollar Kidnapping'.

Bettmann


Setelah Michael meninggal pada tahun 2003, adik laki-lakinya mengambil alih John Wayne Enterprises, yang memiliki beberapa bisnis berbeda, termasuk pakaian, buku, bourbon dan kopi bermerek John Wayne, serta John Wayne Gritcast podcast, dibawakan oleh Ethan, yang mengundang teman-teman Wayne sebagai tamu.

Ethan juga ketua John Wayne Cancer Foundation. Banyak kegiatan yang direncanakan oleh John Wayne Enterprises, seperti lomba jalan raya dan kontes, mengumpulkan dana untuk yayasan dan penelitian medis lainnya.

Ethan dan Marisa berkontribusi pada pameran John Wayne di Texas

John Wayne di rumah bersama putranya Ethan dan putrinya.

John Dominis/Koleksi Gambar The LIFE/Shutterstock


John Wayne: An American Experience adalah sebuah pameran di Fort Worth, Texas, yang menampilkan barang-barang pribadi dari ikon Barat dan cerita dari anak-anaknya, termasuk Ethan dan Marisa, yang berbicara tentang pergi ke Oscar bersama ayahnya.

“Setiap kesempatan yang dia dapatkan, dia membuat seseorang merasa spesial,” kata Marisa di Instagram. “Dia benar-benar memiliki sentuhan pribadi, dan itu telah melampaui generasi dan melampaui layar film. Itu bukan akting—dia benar-benar pria yang tulus dan hebat.”

Putri Aissa, Jennifer, adalah bintang musik country

Aissa Wayne Conrad dan putrinya Jennifer Kuhle berpose di Pesta Odyssey Tahunan ke-21 John Wayne Cancer Institute Auxiliary pada tanggal 8 April 2006 di Beverly Hills, California.

Kevin Musim Dingin/Getty


Jennifer Wayne, putri Aissa dan Earl Kuhle II, telah mengikuti jalannya sendiri menuju ketenaran. Setelah band pertamanya, Stealing Angels, dibubarkan, dia dan rekan bandnya muncul di dua musim Balapan yang Menakjubkan, kehilangan game kedua mereka hanya dengan selisih empat detik.

Kini, Jennifer menjadi bagian dari trio country Runaway June. “Kakek saya memberi saya darah country koboi barat karena saya selalu menyukai musik country,” katanya kepada ORANG pada tahun 2017. “Sebelas tahun kemudian, inilah saya bersama para gadis.”

Jennifer menikah dengan musisi Austin Moody pada tahun 2021 dalam sebuah upacara tepi pantai di Florida. Untuk hari besarnya, dia mengenakan cincin pertunangan neneknya Pilar Wayne. “Pada hari jadi mereka yang ke 10, dia mencocokkan berlian itu dan menyetelnya ulang menjadi bunga,” katanya kepada ORANG pada tahun 2021. “Austin menggunakan berlian neneknya untuk membuatkan cincin pertunangan untuk saya (dibuat dengan bantuan ibu sahabat saya, Dobrila Pintar,) dalam rangkaian bunga juga.” Sebagai penghormatan lain kepada kakek dan neneknya, Jennifer menyajikan Duke bourbon, yang dibuat oleh John Wayne Enterprises.

Pasangan itu menyambut seorang putri, Lily Maria, pada tahun 2022.




Sumber: people-com

Tutup