USG Education: Pelajar Diajak Kreativitas dan Kritis

Kolaborasi antara UIC College dan .TEMU Café membuka peluang bagi para siswa untuk belajar langsung dari industri. .TEMU Café, yang dikenal dengan pendekatannya terhadap keberlanjutan, menyediakan proyek-proyek nyata yang menantang dan relevan. Para siswa diajak untuk berpikir kritis dan kreatif dalam menyusun strategi yang tidak hanya menguntungkan bisnis tetapi juga ramah lingkungan.

Di tengah persaingan industri yang semakin ketat, kemampuan sumber daya manusia yang memiliki pendidikan mumpuni dan kekuatan soft skill menjadi incaran. Sumber daya yang berwawasan global dan mampu mengembangkan kreativitas, inovasi, serta empati dan kepedulian sosial menjadi nilai tambah, terutama bagi generasi emas 2045.

USG Education, sebagai institusi pendidikan internasional, memahami pentingnya hal ini dan konsisten membentuk lulusan yang tidak hanya berwawasan global, tetapi juga menjunjung nilai-nilai kepedulian sosial yang diimplementasikan di berbagai program pendidikannya. Salah satu program unggulan mereka adalah UIC College.

UIC College merupakan pathway program yang tidak hanya mempersiapkan transisi akademik para siswa menyelesaikan S1 nya di luar negeri namun memperkuat soft skill para siswa dengan berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan industri dan kebutuhan sosial.

Tahun ini, UIC College kembali mengadakan kegiatan tahunan UIC Creative Sociopreneurship Showcase. Dengan tema “Sustainability in Retail,” showcase ini berkolaborasi dengan .TEMU Café sebagai mitra industri dalam proyek nyata para siswa.

Kolaborasi dengan .TEMU Café: Membuka Peluang Baru

Acara yang digelar pada Rabu, 5 Juni 2024 di .TEMU Café SCBD ini bertujuan memberikan pengalaman dan tantangan baru bagi para siswa UIC College dalam dunia ritel.

UIC Creative Sociopreneurship Showcase merupakan wadah bagi para siswa UIC College untuk mengaplikasikan teori akademis ke dalam praktik profesional melalui proyek-proyek nyata dari klien industri.

Tahun ini, .TEMU Café berperan sebagai klien utama, memberikan kesempatan kepada para siswa untuk bekerja pada proyek langsung yang menantang dan berfokus pada keberlanjutan.

Selain itu, proyek lain seperti BRI Ventures dan NevertooLavish pun turut memberikan pembimbingan kepada siswa – siswi dalam menghasilkan karya yang diterima di industri.

“UIC Creative Sociopreneurship Showcase merupakan salah satu inisiatif untuk mendorong pendidikan yang tidak hanya berfokus pada teori tetapi juga pada praktik nyata. Melalui kolaborasi dengan industri, para siswa akan terbekali dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan masa kini. Kami bangga dapat berkolaborasi dengan .TEMU Café dan berharap inisiatif ini dapat terus berkembang,” kata Adhirama G Tusin, Presiden Direktur USG Education.

Kolaborasi antara UIC College dan .TEMU Café membuka peluang bagi para siswa untuk belajar langsung dari industri. .TEMU Café, yang dikenal dengan pendekatannya terhadap keberlanjutan, menyediakan proyek-proyek nyata yang menantang dan relevan. Para siswa diajak untuk berpikir kritis dan kreatif dalam menyusun strategi yang tidak hanya menguntungkan bisnis tetapi juga ramah lingkungan.

Sementara itu, Aimee Sukesna, USG Education Head of BSD Campus, menyampaikan apresiasinya terhadap partisipasi para siswa dan dukungan dari .TEMU Café. “Kami sangat bangga dengan pencapaian para siswa kami dalam UIC Creative Sociopreneurship Showcase tahun ini. Kerjasama dengan .TEMU Café telah memberikan pengalaman nyata yang sangat berharga bagi mereka. Kami berharap acara ini dapat terus menginspirasi dan memotivasi para siswa untuk terus berinovasi dan berkontribusi pada keberlanjutan,” kata dia.

Branding & Marketing Director .TEMU Café, Gito Sabata juga menyampaikan antusiasmenya terhadap kolaborasi ini. “Kami di .TEMU Café sangat senang bisa menjadi bagian dari UIC Creative Sociopreneurship Showcase. Kerja sama ini tidak hanya memberikan kami ide-ide segar dan inovatif, tetapi juga memperkuat komitmen kami terhadap keberlanjutan. Para siswa UIC College telah menunjukkan kreativitas dan dedikasi luar biasa dalam proyek-proyek mereka, dan kami berharap kolaborasi ini dapat menginspirasi lebih banyak inisiatif yang mendukung keberlanjutan di masa depan,” ujarnya.

Proyek Kreatif Siswa: Dari Ide ke Realitas

Dengan menghadirkan klien industri seperti .TEMU Café, para siswa mendapatkan pengalaman berharga dalam berkomunikasi dengan klien, memahami kebutuhan bisnis, dan menerjemahkan teori akademis menjadi solusi praktis yang dapat diterapkan. Hal ini mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia kerja dengan bekal yang lebih matang dan relevan.

Setiap proyek yang dipresentasikan dalam showcase ini adalah hasil kerja keras dan pemikiran mendalam dari para siswa. Misalnya, ide penjualan merchandise untuk .TEMU Café tidak hanya berfokus pada produk yang menarik, tetapi juga mempertimbangkan aspek keberlanjutan dalam bahan dan proses produksi. Sementara itu, presentasi strategi digital marketing menampilkan pendekatan-pendekatan inovatif untuk meningkatkan engagement pelanggan dengan cara yang etis dan berkelanjutan.

Ide aplikasi digital yang dipresentasikan juga menonjol dengan konsep yang memudahkan interaksi pelanggan dengan .TEMU Café, memberikan nilai tambah dalam pengalaman pelanggan. Rencana pemasaran yang komprehensif pun disusun dengan memperhatikan tren pasar dan kebutuhan konsumen saat ini, memastikan bahwa strategi yang diusulkan relevan dan efektif.

Karya seni dari ampas kopi menunjukkan bagaimana limbah dapat diolah menjadi sesuatu yang bernilai dan estetis. Ini adalah contoh nyata dari bagaimana kreativitas dan keberlanjutan dapat berjalan beriringan, menginspirasi para siswa untuk terus mencari cara-cara inovatif dalam mendaur ulang dan memanfaatkan sumber daya yang ada.

Masa Depan yang Berkelanjutan di Tangan Generasi Muda

UIC Creative Sociopreneurship Showcase 2024 membuktikan bahwa generasi muda memiliki potensi besar dalam menciptakan perubahan positif. Melalui dukungan dan bimbingan dari UIC College dan kolaborasi dengan mitra industri seperti .TEMU Café, para siswa tidak hanya belajar tentang teori dan konsep tetapi juga bagaimana mengimplementasikannya dalam dunia nyata.

Vavioline Charles, salah satu siswa jurusan bisnis UIC College, berbagi pengalamannya dalam acara ini. “Saya sangat bersyukur atas kesempatan untuk berpartisipasi dalam UIC Creative Sociopreneurship Showcase, bekerja sama dengan .TEMU Café. Pengalaman ini telah menjadi perjalanan yang luar biasa, karena telah memungkinkan saya untuk terjun ke dunia retail dengan fokus yang kuat pada keberlanjutan. Dengan semakin mendesaknya gerakan global untuk mencapai keberlanjutan, platform ini telah menyediakan ruang yang berharga untuk aksi dan inovasi,” ungkapnya.

Vavioline juga menambahkan, “Showcase ini tidak hanya menantang saya untuk menerapkan pengetahuan akademis dalam lingkungan profesional tetapi juga menginspirasi saya untuk berkontribusi pada praktik berkelanjutan dalam industri retail. Saya berterima kasih kepada UIC College dan .TEMU Café untuk menyediakan platform unik yang menekankan pentingnya keberlanjutan dalam konteks global kita saat ini,” sambung dia.

Dalam kegiatan ini, UIC College juga bekerjasama dengan HOPE Gelang Harapan dan mengadakan penggalangan dana dengan menjual Gelang Harapan x UIC College yang akan disumbangkan untuk renovasi Shelter Home Rumah Singgah Kawi – Kawi bagi pasien Kanker BPJS yang kurang mampu.

UIC Creative Sociopreneurship Showcase 2024 adalah bukti nyata dari sinergi antara pendidikan, industri, dan keberlanjutan.

Acara ini mengajarkan nilai-nilai keberlanjutan, kreativitas, dan kerja keras, mempersiapkan para siswa untuk menjadi generasi emas 2045 yang mumpuni dan peduli terhadap lingkungan dan masyarakat.

Dengan semakin mendesaknya isu keberlanjutan, acara seperti ini sangat penting untuk membentuk mindset dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan global.

Melalui showcase ini, UIC College dan .TEMU Café telah menunjukkan komitmennya dalam mendukung pendidikan yang tidak hanya akademis tetapi juga praktis dan berorientasi pada keberlanjutan.***

Tutup