PDIP Bakal Rival atau Usung Khofifah di Pilgub Jatim 2024?

Dukungan ini dinyatakan Prabowo usai menerima kehadiran Khofifah-Emil di kediamannya di Jalan Kertanegara 4 Jakarta Selatan, Jumat (7/6).

PDI Perjuangan (PDIP) hingga kini belum menentukan dukungannya dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. Langkah politiknya pun belum bisa ditebak.

“Peluang untuk menjadi penantang atau mengusung (Khofifah) pastinya ada. Peluangnya 50-50,” sebut Wakil Ketua DPD PDIP Jatim, Budi ‘Kanang’ Sulistyono, Rabu (12/6/2024).

Meski begitu, Kanang mengatakan bahwa Pilgub Jatim 2024 tidak akan berjalan baik jika hanya ada satu calon yang bertarung, yakni Khofifah-Emil melawan kotak kosong. Hal ini akan menciptakan dinamika politik yang kurang sehat dan kurang demokratis.

“Peluang baru (bikin poros baru) juga bagus, sehingga tidak ada seperti kotak kosong. Terus sama-sama (mengusung Khofifah-Emil) juga kalau kita mampu diyakinkan bahwa satu pasangan ini lebih bagus, ya kenapa nggak?,” jelasnya.

Saat ini, berbagai partai politik telah mendekati PDIP untuk bergabung mendukung pasangan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024.

“Beberapa waktu lalu PAN. Terus Mas Kharisma Gerindra juga. Ia menjelaskan bahwa Khofifah-Emil ke PDIP,” ungkapnya.

Kanang menegaskan bahwa PDIP tidak akan terburu-buru dalam menentukan arah dukungan di Pilgub Jatim 2024.

Pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur baru akan berlangsung pada Agustus 2024, sehingga PDIP masih memiliki waktu untuk mempertimbangkan pilihannya dengan matang.

“Jawabannya nanti akan tahu. Ditunggu saja,” tandasnya.

Diketahui, pasangan petahana Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak telah mendapatkan rekomendasi resmi dari enam Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai politik untuk maju dalam Pilgub Jatim 2024.

Enam partai itu diantaranya Demokrat, PAN, Perindo, Golkar, PSI dan Gerindra

Tutup