Run, Ride, and Rise 2024

Jakarta  – Run, Ride, and Rise 2024 merupakan kegiatan penggalangan donasi yang diselenggarakan oleh Yayasan Gugah Nurani Indonesia dengan mengusung konsep charity digital run & trip.

Musim kering yang relatif lebih lama dari musim hujan jadi pemicu minimnya sumber air bersih di pelosok NTT. Anak-anak pun terpaksa mengorbankan waktu sekolah, bermain, dan belajar mereka sebab harus mengantri air setiap hari dengan membawa jeriken berukuran 5 liter dan berjalan menempuh jarak berkilometer-kilometer menuju sumber air bersih.

Acara bertema “Brighter Long run for Kids” ini mengajak masyarakat menjalankan gaya hidup sehat sekaligus turut andil dalam mengkampanyekan gerakan penggalangan dana untuk mengadakan akses air bersih dan fasilitas sanitasi bagi anak-anak dan penduduk di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui program Just right Water Undertaking.

“Gugah Nurani Indonesia melalui Just right Water Undertaking terus berkomitmen untuk dapat memenuhi hak anak-anak di Indonesia termasuk hak mereka untuk mendapatkan akses air bersih yang layak sebagai faktor utama dalam menunjang kehidupan dan berdampak bagi kesehatan mereka. Kami memiliki beberapa daerah binaan di Nusa Tenggara Timur bernama Kampung Sepo. Kampung Sepo merupakan Kampung yang sudah berhasil kami bangun akses air bersih pada tahun 2023 dan saat ini warga sudah merasakan manfaatnya, mereka tidak perlu berjalan kaki berkilo meter menuju sumber air,” ujar Anugerah Putra, Fundraising Supervisor dari Gugah Nurani Indonesia.

Tapi, menurut Putra, Kampung Sepo hanya 1 dari sekian banyak titik yang membutuhkan kemudahan akan akses air bersih di NTT. Karena itu, setelah Putra kembali dari kunjungan ke Kampung Sepo di NTT, ia langsung mengusulkan untuk menginisiasi Charity Run ini sebagai ajakan kolaborasi yang melibatkan banyak orang untuk peduli dan saling membantu anak-anak di NTT untuk kemudahan mereka dalam mendapatkan air bersih.

Image

Diselenggarakan dalam structure acara digital dengan tujuan amal yang bisa diikuti oleh Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) di mana pun berada. Berbeda dengan acara olahraga offline, peserta bisa berlari dan bersepeda di mana saja dengan bantuan aplikasi/jam tangan perekam aktivitas berbasis GPS.

“Dengan adanya bantuan teknologi, kini kita bisa berolahraga sambil membantu sesama kita di mana pun berada. Semoga inisiatif yang bermakna ini dapat disambut baik dan didukung penuh oleh masyarakat agar bisa bermanfaat bagi anak-anak dan penduduk di Flores, NTT”, tutur Enrico Hugo, CEO dari Purpose ID.

Pendaftaran acara bisa dilakukan melalui halaman https://bit.ly/runriderise-gni dari tanggal 16 Mei 2024 hingga 9 Juni 2024. Kategori jarak 7 km berlari dan 23 km bersepeda dapat ditempuh dalam periode aktivitas dari 15 Juni 2024 hingga 7 Juli 2024, sehingga siapa pun bisa berpartisipasi dan menyelesaikan tantangan amal ini serta berkesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik yang sudah disediakan.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Tutup