Tidak Kalah Menarik ternyata Universitas di Asia Banyak yang Terbaik

Foto: bukukuliah.com

bTERKENAL.CO.ID – Universitas di Asia tidak kalah bagusnya dengan berbagai universitas lain di dunia yang sudah ternama. Karena pada dasarnya pun mau kita berkuliah dimanapun itu tergantung dengan kepribadian diri kita sendiri. Buat kamu yang ingin berkuliah di luar negeri namun masih tetap di area Asia dan ingin mengetahui universitas apa saja yang terbaik di Asia, kamu bisa cek infonya disini, dilansir dari halaman timeshighereducation.com.

1. Tsinghua University, Tiongkok

Universitas Tsinghua telah berkomitmen pada sistem multidisiplin selama lebih dari 30 tahun, telah mengalami banyak perubahan sejak didirikan pada tahun 1911.Universitas ini menawarkan 51 program sarjana yang berbeda dan lebih dari 200 gelar pascasarjana.

Tsinghua, yang masuk dalam 20 besar dalam keseluruhan THE World University Rankings, juga mencapai posisi 30 teratas untuk teknik dan teknologi, ilmu sains, ilmu fisika, ilmu komputer dan bisnis.

Kampus ini berada di barat laut Beijing di sebuah distrik yang secara khusus ditunjuk sebagai pusat universitas. Bangunannya menampilkan arsitektur tradisional Cina dan gaya Barat. Berdasarkan bekas situs taman kerajaan dinasti Qing, kampus ini dinobatkan sebagai salah satu yang terindah di dunia.

Banyak lulusan menjadi berpengaruh di dalam dan luar negeri, terutama dalam politik Tiongkok. Fisikawan partikel Chen-Ning Yang adalah pemenang hadiah Nobel yang terkait dengan universitas.

2. Peking University, Cina

Universitas Peking adalah universitas nasional modern pertama di Cina, didirikan pada akhir abad ke-19. Sekarang dikenal sebagai pusat pemikiran progresif dan keunggulan penelitian. Saat ini memiliki 216 pusat penelitian, dua di antaranya adalah lembaga teknik nasional.

Meskipun universitas ini mengajar dan meneliti lintas sains, ilmu sosial dan humaniora, universitas ini secara khusus menonjol secara internasional untuk ilmu fisika dan teknik.

Perpustakaan universitas adalah yang terbesar dari jenisnya di Asia, menyimpan 11 juta buku dan sumber daya lainnya.

Setelah dipindahkan pada tahun 1952, kampus utama sekarang berada di bekas situs taman kekaisaran dinasti Qing dan masih memiliki beberapa fitur asli dan lansekap, termasuk taman, pagoda, dan bangunan bersejarah.

Di kampus, ada asrama khusus untuk 2.000 mahasiswa internasional. Banyak pemikir terkemuka di Cina adalah alumni Universitas Peking. Tiga pemenang hadiah Nobel juga terkait dengan institusi tersebut.

3. National University of Singapore, Singapore

Institusi tertua di Singapura dan terbesar berdasarkan jumlah mahasiswa, National University of Singapore menggabungkan keunggulan penelitian dan inovasi.

Universitas ini peringkat di 25 teratas di dunia secara keseluruhan, dengan skor sangat tinggi untuk penelitian dan pandangan internasional, dan kinerja yang menonjol di bidang teknik dan teknologi.

Fokus kewirausahaan di universitas dimulai sejak tiga dekade yang lalu hingga pembentukan pusat khusus untuk inovasi dan technopreneurship.

NUS menggunakan pengajaran gaya Inggris melalui tutorial kelompok kecil dan kredit kursus gaya AS untuk memenuhi persyaratan gelar. Program gelar lebih fleksibel daripada di Inggris; seperti dalam sistem AS, siswa dapat berpindah antar kursus di awal gelar mereka, mengambil modul di fakultas yang berbeda dan diharuskan memiliki pilihan kursus lintas disiplin yang luas.

Banyak mahasiswa tinggal di kampus di salah satu dari 6.000 tempat tinggal di berbagai aula, semuanya dilayani oleh bus antar-jemput internal untuk membawa mahasiswa berkeliling kampus.

Alumni terkenal termasuk empat perdana menteri dan presiden Singapura, dua perdana menteri Malaysia, dan banyak politisi, pengusaha, dan tokoh lokal lainnya.

4. University of Hong Kong, Hong Kong

Bahasa Inggris adalah bahasa pengantar utama di Universitas Hong Kong, yang terletak di Pokfulam. Didirikan oleh gubernur Inggris pada tahun 1911 tetapi mulai mengintegrasikan budaya dan pendidikan Tiongkok ke dalam kursusnya pada tahun 1927, ketika gelar pertama dalam bahasa Mandarin ditawarkan.

Bangunan-bangunan di kampus utama di lingkungan Mid-Levels di Pulau Hong Kong adalah beberapa dari satu-satunya contoh arsitektur kolonial Inggris yang tersisa. Bangunan Utama, selesai pada tahun 1912, adalah struktur tertua dan telah dinyatakan sebagai monumen nasional.

Program sarjana membutuhkan waktu empat tahun untuk diselesaikan, dengan satu atau dua tahun lagi untuk program medis. Semua siswa lokal sekarang diwajibkan untuk mengambil kursus bahasa Inggris dan Cina.

Lulusan HKU telah terlibat secara mendasar dalam membangun lanskap politik, ekonomi, dan budaya Tiongkok modern. Banyak juga yang menduduki posisi senior di sektor swasta.

5. Nanyang Technological University, Singapore

Nanyang Technological University, Singapura adalah universitas riset intensif yang berlokasi di Singapura. Universitas ini telah naik satu tempat di Peringkat Universitas Asia 2021 untuk dimasukkan dalam lima besar. Ini juga masuk dalam 50 besar Peringkat Universitas Dunia.

Universitas ini juga mendapat peringkat tinggi untuk jurusan teknik dan teknologi dan ilmu komputer.

Universitas ini diatur dalam enam perguruan tinggi dan sekolah serta beberapa institusi termasuk Institut Pendidikan Nasional Singapura dan Observatorium Bumi Singapura.

Tersebar lebih dari 200 hektar, Kampus Taman Yunnan adalah kampus universitas terbesar di Singapura dan sering dianggap sebagai salah satu kampus universitas terindah di dunia.

Penulis : Dezia
Editor : Wilujeng Nurani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup