Toko di Jalan Raya Pilar Sukatani Hangus Gegara Konsleting Listrik

Foto: Toko-toko hangus terbakar di Karang Bahagia Bekasi.

BEKASI – Salah Satu Rumah warga dan sebuah toko sparepart sepeda motor di Jalan Raya Pilar Sukatani, Kampung Blokang, Desa Karang Setia, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, ludes dilalap sijago merah, Sabtu (11/9/2021) petang.

Menurut Emas (31) warga yang rumahnya berdekatan dengan lokasi kebakaran mengatakan, awalnya terlihat asap mengepul dari toko sparepart sepeda motor yang sedang ditinggal pemiliknya.

Ia menduga api berasal dari korsleting listrik, kemudian api menyampar seluruh barang yang ada di toko tersebut, dan menyambar sebuah rumah yang persis berada dibelakanngnya.

“Awalnya saya ada yang kasih tau, keluar keluar ada kebakaran, saya keluar api sudah besar langsung saya bawa anak-anak nyelamakan diri,” ujar Emas

Sebelum petugas Damkar datang, warga mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. Api yang cepat membesar sempat membuat panik warga disekitar lokasi kejadian, sehingga mereka sibuk mengevakuasi barang berharga miliknya.

“Iya, langsung kita ngeluarin barang-barang, rumah saya bersebelahan sama rumah ya g kebakaran itu” jelas Emas.

Sedangkan Arifin (50) salah satu warga yang mengetahui awal peristiwa kebakaran mengatakan, sebelum terjadi kebakaran sempat terlohat dari atap toko sebuah kabel listrik yang mengeluarkan api, lalu dengan cepat menyambar isi dari toko sparepart sepeda motor tersebut.

“Itu awalnya kabel gesekkan gity diatas dekat atap toko, terus keluar asap langsung aja itu api membesar dari dalam toko” jelasnya.

Sebanyak 22 orang petugas serta 2 unit mobil ukuran tangki 3000 liter dan 1 unit mobil Damkar berukuran 6000 liter dikerahkan guna memadamkan api. Petugas dibantu warga berusaha memadamkan api agar tidak menjalar kerumah warga lainnya.

“1 unit dari mako terdekat tadi sudah tiba lebih dulu, dan kita melakukan upaya pemadaman dibantu oleh warga biar tidak merembet ketempat lain” jelas Salimin (42) petugas Damkar Mako Cikarang Barat.

Petugas sempat mengalami kesulitan saat menuju ke lokasi kebakaran, pasalnya akses Jalan Raya Pilar Sukatani mengalami kemacetan hingga hampir empat kilometer.

“Tadi terkendala dari perempatan SGC sampai ke lokasi itu sudahacet parah. Jadi kita agak susah melintas menuju lokasi, sekarang sudah dalam proses pendinginan” lanjutnya.

Dugaan sementara, kebakaran dipicu adanya korsleting listrik pada toko sparepart sepeda motor kemudian menyambar rumah yang berada tepat dibelakangnya.

Setelah kurang lebih satu jam, api baru bisa dipadamkan. Dari keterangan petugas, tidak ada korban jiwa, namun pemilik bengkel mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah akibat peristiwa tersebut.

“Tidak ada korban jiwa, tapi pemilik bangunan toko mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah” tutupnya.

Guna memastikan penyebab kebakaran, polisi tengah melakukan pemeriksaan di lokasi kebakaran.

Laporan: Ade

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup