Simak! Ini Cara Diet Sehat Ketika Puasa Ramadan

Ilustrasi pangan

 Puasa Ramadan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah menurunkan berat badan. Namun, tetap ada strategi yang harus diatur untuk mendapatkannya. Pasalnya, sebagian orang saat puasa asupan makanan yang dikonsumsinya malah tidak terkontrol.

Agar tetap sehat dan berat badan terjaga, Berikut cara diet ketika puasa Ramadan.

1. Tetap makan saat sahur
Saat ingin melakukan diet, bukan berarti mengurangi asupan makan secara drastis terutama ketika akan berpuasa seharian. Cara yang seharusnya dilakukan untuk menurunkan berat badan, yakni dengan mengonsumsi makanan sehat ketika sahur agar stamina dan nutrisi sehari-hari terpenuhi.

2. Pilih makanan gizi seimbang
Menentukan makanan dengan gizi seimbang sangat diperlukan saat Anda akan melakukan diet. Anda harus memanfaatkan jam makan dengan baik selama berpuasa, sebab hanya ada dua waktu untuk makan, ketika sahur dan berbuka.

Saat sahur penuhi asupan cairan dan konsumsi makanan yang membuat Anda kenyang, seperti roti gandum, beras merah, dan kacang-kacangan. Ketika berbuka puasa, minum lebih banyak serta perbanyak makan sayur dan buah.

3. Olahraga
Berpuasa bukan berarti menurunkan tingkat produktivitas. Tetap lakukan peregangan tubuh dan aktivitas fisik untuk mendapatkan tubuh yang sehat dengan berat badan ideal. Pilih jenis olahraga yang dilakukan secara perlahan, misalnya yoga.

4. Minum air yang cukup
Konsumsi cairan sangat diperlukan oleh metabolisme, maka penting untuk Anda memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Minum air putih yang cukup dapat menjaga fokus dan juga tubuh terhindar dari dehidrasi.

Anda bisa banyak minum saat berbuka puasa, saat malam hari, menjelang tidur, dan saat sahur.

Tutup