Pemuda Bekasi Gugat Syarat  Usia di Lowongan Pekerjaan ke MK

Istimewa

terkenal.co.id – Seorang pemuda asal Bekasi bernama Leonardo Olefins Hamonangan mengajukan gugatan uji materi Pasal 35 ayat (1) Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Ia mengajukan gugatan terkait pasal yang dianggapnya memicu pemberi kerja membuat syarat diskriminatif  seperti usia hingga pengalaman di lowongan kerja.

“Pasal 35 ayat (1) UU Ketenagakerjaan telah memunculkan diskriminasi dalam proses rekrutmen, seperti pembatasan usia dan pengalaman kerja,” kata Leonardo dalam keterangannya, dikutip Minggu (10/3/24).

Menurut Leonardo, berlakunya pasal tersebut menimbulkan banyaknya perusahaan di Indonesia menetapkan persayaratan pekerjaan yang menghambat pemohon memperoleh pekerjaan.

Lebih lanjut, kata Leonardo, aturan batasan usia tersebut dapat mempersulit para Wanita yang ingin kembali berkarier  setelah memutuskan untuk mengambil cuti untuk menikah, hamil melahirkan, dan mengurus anak.

“Saya harap MK dapat mengabulkan gugatan ini dan menghapus pasal yang diskriminatif tersebut,” ujar Leonardo.

Gugatan Leonardo telah teregistrasi di MK dengan nomor perkara 35/PUI-XXII/2024. Sidang pemeriksaan pendahuluan gugatan tersebut telah digelar di gedung MK, Jakarta Pusat, pada Selasa (5/3/24), dan akan digelar kembali Selasa (13/3) mendatang.

Editor: Wilujeng Nurani

Tutup