Tertidur saat Terbang, Pilot dan Kopilot Batik Air Dibebastugaskan

Istimewa

terkenal.co.id – Pilot dan kopilot pesawat maskapai Batik Air dilaporkan tertidur selama 28 menit ketika menerbangkan pesawat dari Bandara Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara menuju Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (25/1/24).

Atas insiden tersebut menyebabkan pesawat registrasi PK-LUV itu sempat keluar jalur penerbangan dan tak merespons pusat pengendali wilayah (Area Control Centre/ACC).

Terkait  kejadian tertidurnya pilot dan kopilot, Corporate Coomunications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro menegaskan, pihaknya telah mengambil tindakan preventif.

“Pada 26 Januari 2024, Batik Air mengambil tindakan preventif dengan menonaktifkan (membebastugaskan) sementara pilot penerbangan nomor ID-6723, rute Kendari ke Jakarta yang bertugas pada 25 Januari 2024,” kata Danang, melalui keterangan resmi, dikutip Minggu (10/3/24).

Lebih lanjut, Danang mengatakan pihaknya berkomitmen kuat pada keamanan dan kenyamanan penumpang. Oleh karena itu, Batik Air terus melakukan evaluasi rutin terhadap semua operasional penerbangan.

“Fokus utama dari evaluasi ini adalah pada detail operasional dan aspek keselamatan, menegaskan bahwa setiap prosedur dan praktik kerja selaras (berdasarkan) standar keselamatan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, ia juga menjelaskan bahwa Batik Air beroperasi dengan kebijakan istirahat yang memadai sesuai dengan regulasi untuk awak pesawat sebelum melaksanakan tugas penerbangan.

Dia menuturkan, ketentuan ini dirancang khusus untuk memastikan bahwa awak pesawat berada dalam kondisi fisik dan mental optimal saat melaksanakan tugas.

Editor: Wilujeng Nurani

Tutup