Sambut Bulan Ramadhan, Band Ungu Rilis Dua Lagu dengan Lirik yang Sama

Band Ungu

terkenal.co.id – Memasuki bulan suci Ramadhan, grup band Ungu merilis proyek religi dengan konsep yang tak pernah mereka coba sebelumnya, yakni  mengemas satu lirik yang sama menjadi dua lagu berbeda.

Dua lagu tersebut adalah Baik dan Burukmu yang telah dirilis pada 1 Maret 2024 dengan  versi slow, serta Tuhan yang Tahu yang dirilis pada 8 Maret 2024 dengan versi yang lebih up beat.

“Konsepnya satu lirik yang sama dibikin jadi dua lagu berbeda karena notasi dan aransemennya berubah,” kata Enda saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (7/3/24).

Diakui Enda, konsep ini muncul secara tidak sengaja saat dirinya dan Oncy kesulitan menemukan refrain untul versi slow lagu  tersebut. Mereka kemudian mempercepat tempo lagu itu dan mendapatkan reff yang dirasa puas.

“Tapi pas didengerin ke anak-anak, pada nanyain versi slow-nya, dan kebetulan ada Pasha yang ahli tata suara jadi ketemu juga reff untuk yang slow-nya,” jelas Enda.

Kedua versi kemudian disepakati untuk dirilis terpisah dan berbeda. Enda mengatakan bahwa tidak hanya aransemen yang berubah, tetapi penyajiannya pun dipastikan berbeda.

Dua lagu ini sejatinya berkisah tentang kegelisahan mengenai orang-orang yang dengan mudah menghakimi orang lain. Sehingga, melalui lagu ini, Enda berharap pendengar bisa sadar akan perbuatannya.

“Manusia yang satu gampang banget menghakimi manusia yang lain gitu, ‘ah lu dosa’, ‘lu begini’. Itu yang jadi ide dasar aku dan Mas Oncy menulis lagu ini,” tutur Enda.

“Di situ bahwa kita menceritakan  lebih jelas bahwa baik dan burukmu hanya Tuhan yang tahu, enggak ada satu manusia yang tahu,” tandasnya.

Editor: Wilujeng Nurani

Tutup