Catat! BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem

Ilustrasi hujan. Update BMKG! Prakiraan Cuaca Cikarang Hari Ini FOTO/Antara/Raisan Al-Faritsi/

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan terkait potensi cuaca ekstrem yang masih mengancam sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk beberapa kota besar di Tanah Air pada Minggu (18/2 2024) ini.

Hujan lebat dengan disertai petir dan angin kencang diperkirakan akan terjadi di sejumlah titik di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Selain itu, cuaca ekstrem tersebut juga berpotensi terjadi di wilayah Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, serta Papua.

Terkait dengan kondisi cuaca di sejumlah daerah, BMKG mengingatkan akan adanya potensi hujan petir di kota Jambi, Pangkal Pinang, Pekanbaru, dan Padang. Sementara itu, sebagian kota lainnya dapat mengalami hujan intensitas sedang, seperti Pontianak, Palembang, serta potensi hujan ringan di Bandung, Surabaya, Banjarmasin, Palangka Raya, Ambon, Mataram, Jayapura, Manokwari, Mamuju, Makassar, Kendari, dan Medan.

Tutup