Warga AS Terinfeksi Penyakit Langka?

Ilustrasi.

Seorang warga di Deschutes County, Oregon, didiagnosa mengidap kasus penyakit pes, menjadikannya kasus infeksi bakteri langka pertama yang dikonfirmasi di negara bagian ini sejak 2015.

Richard Fawcett, petugas kesehatan Deschutes County, mengatakan bahwa orang tersebut kemungkinan tertular dari kucing peliharaannya.

“Semua kontak dekat penduduk dan hewan peliharaannya telah dihubungi dan diberi obat untuk mencegah penyakit,” kata Fawcett, seperti dikutip dari CNN, Rabu (14/2).

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengatakan pasien terinfeksi dapat diobati dengan antibiotik umum seperti gentamisin dan fluorokuinolon.

“Orang yang terinfeksi diobati pada tahap awal penyakitnya, dan menimbulkan risiko kecil bagi masyarakat,” menurut pernyataan tersebut.

Kasus terbaru menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana wabah, yang paling dikenal karena membunuh jutaan orang di Eropa selama Abad Pertengahan itu dapat menyebar di zaman modern.

“Alasan belum dihilangkan karena masih ada reservoir hewan. Bakteri ini dapat menginfeksi hewan, dan karena kita tidak dapat mengobati semua hewan di alam liar, bakteri ini tetap ada di alam dan kadang-kadang menyebabkan sejumlah kasus pada manusia,” kata Dan Barouch, direktur Pusat Penelitian Virologi dan Vaksin di Beth Israel Deaconess Medical Center.

Tutup