Simak! Ini Profil Komedian Komeng yang Viral di Foto Kertas Suara DPD RI Ternyata Alumni HMI

Alfiansyah Bustami alias Komeng. Tahun ini, ia maju DPD dengan daerah pemilihan Provinsi Jawa Barat lewat jalur independen. Berdasarkan laman goodkind, Komeng berada di nomor urut 10 dan ternyata profilnya juga pernah menjadi anggota HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) Komisariat ABA-ABI pada tahun 1990.

terkenal.co.id – Komedian Komeng atau yang bernama lengkap Alfiansyah Bustami, belum lama ini viral atas foto dirinya yang nyeleneh, ternyata profilnya pernah menjadi anggota HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) Komisariat ABA-ABI pada tahun 1990.

Foto nyeleneh Komeng di kertas suara pemilihan umum DPD RI 2024 dari Jawa Barat pun viral.

Belakangan, terungkap bahwa Komeng memang mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg) untuk DPD RI dari Jawa Barat.

Fotonya di kertas suara dengan pose unik lantas membuat warganet tertawa.

Netizen mengatakan, kehadiran Komeng dalam pesta demokrasi membawa suasana baru di tengah kemuraman politik yang kian tak menentu akhir-akhir ini.

Melansir Kompas, rupanya Komeng memiliki alasan tersendiri mengapa dia menggunakan foto unik.

“Itu kan suratnya enggak bersuara, makanya ane (saya) bikin bersuara,” seloroh Komeng, Rabu (14/2/2024).

“Ya ane demen saja, anti mainstream, enggak sama kayak orang lain,” lanjut dia.

Caleg daerah pemilih (dapil) Jawa Barat tersebut menampik bahwa itu merupakan salah satu triknya agar dipilih oleh warga Jaw Barat.

“Tujuan ke situ sih enggak ada. Memang saya pada dasarnya, kalau konsep ngelawak saja suka. Pengin sesuatu yang baru,” ujar Komeng.

Komeng bertutur, mulanya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat meminta fotonya untuk keperluan administrasi sewaktu berstatus Daftar Calon Sementara (DCS).

Entah apa yang terpikirkan oleh Komeng hingga akhirnya membawa foto nyeleneh tersebut ke KPU.

“Saya bawa foto itu. Nah, dia (KPU Jabar) ketawa. Saya bilang, ‘ini gue melanggar enggak nih? Salah enggak?’, ‘enggak sih pak, enggak ada peraturannya kayak begini. Ya sudah, kalau abang begini, enggak masalah’, katanya begitu,” tutur Komeng sambil tertawa.

Profil Komeng

Komeng memiliki latar belakang pendidikan yang menarik sebelum terjun ke dunia hiburan.

Sebelum menjadi komedian, ia mengikuti pendidikan di Akademi Bisnis Indonesia, meskipun tidak berhasil menyelesaikannya.

Pada masa kuliahnya, Komeng pernah menjadi anggota HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) Komisariat ABA-ABI pada tahun 1990.

Pengalaman ini memberinya kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan organisasi dan memperluas jaringan sosialnya.

Setelah meninggalkan dunia perkuliahan, Komeng memulai karirnya sebagai penyiar radio.

Ia menjadi penyiar di Radio SK Jakarta dari tahun 1993 hingga 1996, dan kemudian pindah ke Bens Radio Jakarta pada tahun 1996.

Pengalaman sebagai penyiar radio memberinya kesempatan untuk mengasah kemampuan komunikasinya dan meraih popularitas di dunia hiburan.

Pada tahun 1999, Komeng menikah dengan seorang wanita bernama Aprilliana Indra Dewi.

Meskipun memiliki kehidupan pribadi yang stabil, ia tetap berfokus pada karirnya di dunia hiburan.

Komeng telah membintangi beberapa sinetron komedi yang sukses, seperti “Kompor Diamor” (TPI, 1991), “Akal-Akalan” (Indosiar, 1996), “Otak-Otak Kuda” (TPI, 1996), “Malioboro” (TPI, 1996), “Liliput” (2001), dan “Puteri Duyung” (SCTV, 2001).

Selain itu, ia juga sering tampil di televisi sebagai komedian dan presenter.

Tutup