Dokter Sarankan untuk Anak-anak pada Malam Hari Minum Susu

Ilustrasi anak minum susu

Minum susu sangat penting untuk anak karena susu mengandung nutrisi, seperti kalsium, protein, vitamin D, dan zat besi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang yang baik.

Susu juga membantu memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi lainnya, yakni yang diperlukan oleh tubuh anak-anak selama masa pertumbuhan mereka. Itu sebabnya penting bagi anak-anak untuk mendapatkan asupan susu yang cukup setiap hari.

Doktor lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr dr Ray Wagiu Basrowi MKK menjelaskan, waktu terbaik untuk anak-anak minum susu adalah di malam hari agar bisa lebih optimal untuk tumbuh kembangnya.

Ia menyarankan, agar susu dapat diminum dua atau tiga jam sebelum tidur supaya penyerapan gizinya terjadi dengan baik dan tidak memberikan dampak buruk pada kesehatan si buah hati.

“Jadi memang sebaiknya susu itu diminum dua sampai tiga kali sehari, tetapi untuk malam hari jangan menjelang tidur,” kata dokter Ray seperti dikutip dari Antara Jumat (26/1/2024).

Ia menyebut bahwa ada dua hal yang terjadi apabila susu diminum tepat sebelum tidur di malam hari. Pertama, dapat berdampak pada kesehatan gigi dan mulut. Kedua, berpengaruh pada fungsi pencernaan anak.

Tutup