Mantap! Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia untuk Pertama Kalinya

Timnas Indonesia

Timnas Indonesia resmi lolos ke babak 16 besar Piala Asia. Timnas Indonesia dipastikan bakal meneruskan perjuangan di Qatar. Ini merupakan kali pertama Indonesia bisa lolos dari babak grup Piala Asia dalam sejarah turnamen. Australia sudah menanti sebagai lawan berikutnya.

Pasukan Shin Tae-yong sebelumnya kalah 1-3 dari Irak dan Jepang serta menang 1-0 atas Vietnam. Alhasil, Timnas Indonesia menduduki peringkat 3 Grup D dengan 3 poin.

Harapan Timnas Indonesia bisa ke babak 16 besar Piala Asia tergantung hasil akhir tim-tim Grup E dan F dalam pertandingan matchday terakhir masing-masing pada Kamis (25/1/2024).

Di Grup E, harapannya yakni Yordania menang setidaknya 2-0 atas Bahrain. Namun, Bahrain mengalahkan Yordania 1-0. Eks pemain Persija Jakarta itu melepas tendangan datar akurat yang tak bisa dihalau kiper Yordania, Yazeed Abulaila.

Sementara itu, di laga Grup E lain, Korea Selatan bermain imbang dengan Malaysia 3-3. Situasinya, Bahrain yang tadinya peringkat 3 menjadi juara grup dan Yordania yang mengoleksi 4 poin turun ke urutan 3.

Kemudian di Grup F, harapannya Oman dan Kirgizstan bermain imbang atau Kirgizstan setidaknya menang 1-0. Nyatanya, Oman dan Kirgizstan imbang 1-1. Gol Oman di menit 8 berawal dari sepak pojok, pemain Oman melepas umpan lambung ke tiang jauh, lalu terjadi kemelut di depan gawang Kirgizstan.

Situasinya, tak kurang dari 5 pemain, 3 dari Kirgizstan termasuk kiper dan 2 dari Oman, berebut bola di udara; lalu Muhsen Al-Ghassani berhasil mendorong bola masuk gawang, bola telah melewati garis meski pemain Kirgizstan berusaha membuangnya keluar gawang.

Sempat dicek oleh wasit dengan VAR untuk melihat apakah ada indikasi pelanggaran atau tidak dalam perebutan bola. Hasilnya, gol itu disahkan, dianggap tidak ada pelanggaran.

Kirgizstan sempat mencetak gol. Menyambut umpan lambung di kotak penalti Oman, Joel Kojo menanduk bola masuk gawang. Namun, wasit berkonsultasi dengan petugas VAR dan menyatakan gol itu dianulir lantaran Kojo sudah lebih dahulu dalam posisi offside.

Dari hasil-hasil di atas, Timnas Indonesia berhasil menjadi salah satu dari 4 tim peringkat 3 terbaik grup yang berhak lolos ke babak 16 besar Piala Asia kali ini. Tim ‘Merah Putih’ belum mengakhiri petualangan di Qatar dan bak melawan Australia di Jassim bin Hamad Stadium pada Minggu (28/1/2024).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup