Waduh! Caleg DPR RI Dapil 7 Jabar Verrel Bramasta Diduga Langgar Kampanye di Cikarang

Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipatif, dan Hubungan Masyarakat Panwascam Cikarang Utara, Imam Saripudin mengatakan pihaknya terhadap Verrell Bramasta menduga adanya pelanggaran pemilu di halaman Masjid setempat.

terkenal.co.id -Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menemukan adanya dugaan pelanggaran pada Pemilu 2024 yang dilakukan oleh artis tanah air Caleg DPR-RI Dapil 7 Jabar Verrel Bramasta dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipatif, dan Hubungan Masyarakat Panwascam Cikarang Utara, Imam Saripudin mengatakan pihaknya terhadap Verrel Bramasta menduga adanya pelanggaran kampanye di halam Masjid setempat.

“Kami Panwascam Cikarang Utara menemukan adanya dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh Caleg DPR RI Verrel Bramasta pada kegiatan yang diadakan pada Minggu (06/01/2024) silam bertepatan di halaman Masjid Al Muhajirin yang terletak di Jln. Kesejahteraan RT 06/01 Desa Karang Baru,” kata Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipatif, dan Hubungan Masyarakat Imam Saripudin diunggah Cikarang Ekspres yang dikutip terkenalcoid pada 13 Januari 2024.

Lebih lanjut, kata Imam, sejatinya kegiatan kampanye apapun itu dilarang jika dilakukan di tempat ibadah hal tersebut sebagaimana termaktub pada amanat Pasal 280 Undang Undang Pemilu.

Kendati demikian, dalam lampiran penjelasan Pasal 280 huruf (h) UU Pemilu, peserta pemilu hanya boleh menggunakan tempat ibadah ketika diundang oleh pihak penanggung jawab tempat ibadah dan tidak memakai atribut kampanye pemilu.

“Sudah jelas kan tidak boleh berkampanye di tempat ibadah walaupun itu hanya dihalamannya,” katanya.

“Itukan masih di ruang lingkup tempat peribatan. Untuk itu kami akan segera memplenokan hal tersebut dan dapat di tindak dengan tegas oleh Bawaslu Kabupaten Bekasi,” sambung dia.

Tak hanya itu, pihaknya menyampaikan dalam masa kampanye yang sedang berlangsung di wilayahnya tersebut, melalui jajaran pengawas di tingkat Desa Karangbaru sudah melakukan upaya pencegahan kepada Caleg DPR RI dari kalangan artis itu.

Untuk itu, kata Imam dalam konteks hal pencegahan untuk tidak terjadinya pelanggaran pada Pemilu 2024, pihaknya dari pengawas pemilu sudah mencoba untuk berkomunikasi kepada juru kampanye Caleg dimaksud tujuannya guna menetralisir area yang dilarang untuk dipakai dalam kegiatan tersebut.

“Kami sudah melakukan upaya pencegahan tetapi tetap saja tim kampanye tidak mengindahkan hal tersebut, oleh karena itu kami melakukan klarifikasi oleh pihak tim sukses,” kata dia.

Namun demikian, Imam bilang, klarifikasi yang disampaikan oleh pihak tim sukses pun mengakui adanya kesalahan pada kegiatan yang dilakukan Caleg DPR-RI dari Partai Amanat Nasional pada kala itu yang bertepatan di halaman masjid.

Imam menegaskan pengawas pemilu ketika melihat dan menemukan adanya pelanggaran pada pemilu siapapun orangnya tetap harus dilakukan penindakan guna pesta demokrasi lima tahunan nanti berjalan dengan fair.

“Setelah kami melakukan klarifikasi oleh pihak tim sukses dan pihaknya pun mengakui kesalahannya dan meminta maaf. Tetapi menurut hemat saya siapa pun yang melanggar harus tetap Bawaslu tindak,” tandasnya.

Hingga berita ini diunggah, redaksi terkenalcoid sudah mencoba menghubungi pihak TIM sukses Verrel Bramasta. Namun, pihaknya belum merespon.

Editor: Ardi Priana

Sumber: KBE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup