Hati-hati! Jangan Diklik Apk Form PPS Pemilu 2024 yang Beredar di Aplikasi WhatsApp

Dok: Kominfo-Cek hoaks

terkenal.co.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta masyarakat agar selalu waspada lantaran adanya modus penipuan berkedok kiriman file berformat APK (Application Package File) undangan melalui WhatsApp (WA).

Jangan pernah membuka file atau link yang dikirimkan dari orang tidak dikenal. “Modus penipuan tiada habisnya. Kali ini marak beredar modus penipuan baru berkedok kiriman file mirip file APK undangan. Pelaku mengirimkan file APK palsu yang sebenarnya berisi APK berbahaya,” tulis unggahan OJK di Instagram resminya, pada Kamis (11/1/2024) kemarin.

“Ingat! Jangan pernah membuka file atau link yang dikirimkan dari orang tidak dikenal. Jaga data pribadimu, lindungi keuanganmu,” tulisnya lagi.

Contohnya beredar broadcast di WA salah satunya PPS Pemilu 2024.apk, jangan pernah didownload.

Nantinya jika Anda memasang APK ilegal itu, potensi yang paling berbahaya yakni bisa saja isi rekening terkuras habis dan data pribadi disadap.

Diingatkan oleh OJK masyarakat jangan sampai mengklik file atau link secara sembarangan karena berpotensi berbahya.

“Ingat! Jangan pernah membuka file atau link yang dikirimkan dari orang tidak dikenal. Jaga data pribadimu, lindungi keuanganmu,” terang OJK

Pesan ini sebaiknya tidak diunduh atau dibuka sama sekali. File dengan ekstensi APK adalah file paket aplikasi ponsel Android yang digunakan untuk mendistribusikan dan menginstal perangkat lunak.

Diketahui, file dengan ekstensi APK merupakan berkas paket aplikasi ponsel Android yang dapat digunakan untuk mendistribusikan dan memasang software. File itu diduga digunakan unuk penipu dengan mencuri data korban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup