Mantap! Telkom University Jakarta Gelar Pengabdian Masyarakat di SMKN 1 Cimahi

Informasi yang diterima, Kegiatan pengabdian masyarakat Telkom University ini dipimpin Indra Aulia didampingi lima dosen dan empat mahasiswa. Deny Haryadi, Rana Zaini Fathiyana, Sasmi Hidayatul Yulianing Tyas, Nisa Dwi Angresti, Dwina Satriania, Audrey Kurvanka, Erin Haryani, Ghefira Rahma, dan Banny Juanda.

terkenal.co.id – Kampus Telkom University Jakarta belum lama ini menggelar program pengabdian kepada masyarakat di SMKN 1 Cimahi, Jawa Barat.

Kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya mewujudkan digitalisasi di dunia pendidikan. Kemudian, pengabdian masyarakat yang telah digelar pada 14-15 November 2023 lalu ini melibatkan beberapa program studi (prodi) dan fakultas, yakni: prodi Teknologi Informasi (TI) Fakultas Informatika (FIF) dan prodi Sistem Informasi (SI) Fakultas Rekayasa Industri (FRI).

Informasi yang diterima, Kegiatan pengabdian masyarakat Telkom University ini dipimpin Indra Aulia didampingi lima dosen dan empat mahasiswa. Deny Haryadi, Rana Zaini Fathiyana, Sasmi Hidayatul Yulianing Tyas, Nisa Dwi Angresti, Dwina Satriania, Audrey Kurvanka, Erin Haryani, Ghefira Rahma, dan Banny Juanda.

Melalui rilis resmi yang diterima (10/1/2024), Indra Aulia menjelaskan, kegiatan menjadi salah satu peran nyata sivitas akademika dalam berkontribusi aktif mewujudkan digitalisasi dunia pendidikan menuju Indonesia Emas 2045.

Pengabdian masyarakat ini, lanjut Indra, menjadi wujud implementasi nilai “Akhlak” (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) dan HEI (Harmony, Excellence, Integrity) dari  Yayasan Pendidikan Telkom dan Telkom University.

Lebih jauh, Indra Aulia menjelaskan, kegiatan workshop pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru SMK Negeri 1 Cimahi dalam merancang dan mengembangkan pelayanan pendidikan dalam kemasan teknologi digital melalui layanan chatbot.

Chatbot ini akan bekerja dengan cara memberikan respon sesuai pertanyaan dari pengguna yang ditampilkan dalam bentuk pilihan terkategori.

Dengan demikian, layanan pendidikan dapat mudah diakses kapan saja dan di mana saja oleh seluruh pengguna di SMK tersebut.

Secara terpisah, Ketua Program Studi S1 Teknologi Informasi Telkom University, Deny Haryadi menyampaikan,”Ini merupakan komitmen kerja sama Telkom University dan SMK Negeri 1 Cimahi untuk berbagi pengetahuan yang berkelanjutan,” katanya kepada terkenalcoid pada 10 Januari 2024.

Hal senada disampaikan Kepala Bagian Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) Telkom University Kampus Jakarta, Syifa Nurgaida. Syifa berharap kegiatan ini terus berlanjut sebagai wujud kolaborasi nyata atas kontribusi Telkom University kepada Indonesia.

Dalam pembukaan kegiatan, Wakil Kepala Sekolah Hubungan Industri SMK Negeri 1 Cimahi, Tresna Yogaswara memberikan apresiasi terhadap program dari dosen dan mahasiswa Telkom University Kampus Jakarta.

“Kami sangat senang perguruan tinggi seperti Telkom University memiliki komitmen kuat turut aktif berkolaborasi mewujudkan program digitalisasi sekolah sehingga guru memperoleh pengetahuan baru tentang teknologi digital chatbot yang ke depan dapat diajarkan kembali di sekolah ini,” ungkapnya.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian sertifikat pelatihan, penghargaan dan modul workshop kepada peserta dan pihak sekolah yang disaksikan langsung Wakil Direktur I Telkom University Kampus Jakarta, Christanto Triwibisono.

Christanto Triwibisono berharap kolaborasi dan kontribusi ini dapat mempercepat terwujudnya digitalisasi dunia pendidikan Indonesia dalam menggapai Indonesia Emas 2045.

“Workshop ini bukan hanya sebuah acara pembelajaran teknis, tetapi juga manifestasi dari semangat kolaborasi yang lebih inklusif,” ungkapnya.

“Dengan menggabungkan kekuatan sivitas akademika perguruan tinggi dan sekolah, kita dapat membuka pintu menuju masa depan pendidikan yang lebih cerah dan inovatif,” tutup Christanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup