Waduh! Dua Prajurit Tentara Diduga Terlibat Sindikat Curanmor di Gudang TNI

Proses pengungkapan oknum TNI tersebut viral di media sosial. Berdasarkan video yang disebar oleh akun TikTok @ayoberanilaporkan9, tampak petugas berseragam TNI berada di sebuah gudang. Ada sejumlah mobil pikap berwarna putih dan hitam berjajar. FOTO: Istimewa

terkenal.co.id – Polisi Militer Komando Daerah Militer V/Brawijaya menahan dua anggota TNI Angkatan Darat yang terlibat sindikat pencurian kendaraan bermotor.

Dua anggota TNI itu diduga menggunakan Gudang Balkir Pusat Zeni TNI Angkatan Darat di Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, untuk menyimpan ratusan kendaraan bermotor curian.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) V/Brawijaya Kolonel Inf Rendra Dwi Ardhani membenarkan tentang kejadian itu. Menurut Rendra, kasus ini melibatkan seorang warga sipil berinisial EI dan dua anggota TNI berinisial Kopda AS dan Mayor P.

“Kedua oknum anggota yang diperiksa sedang ditahan,” kata Rendra Dwi Ardhani pada Sabtu (6/1/24).

Rendra menegaskan bahwa saat ini seluruh kendaraan telah diamankan sebagai barang bukti. Kasus ini pun masih dalam proses penyelidikan, di mana, kata Rendra, semuanya berada di bawah kontrol Polisi Militer Kodam V/Brawijaya (Pomdam V/Brawijaya).

Rendra juga menepis anggapan bahwa TNI AD memberikan back up dalam kasus ini. Sebab dalam kasus ini murni ada oknum anggota yang bergerak sendiri.

“Kalau kami memberikan backing, itu tidak ada. Jadi oknum tersebut bergerak sendiri dan memang di luar kendali dari komandanya mungkin,” tegas Rendra.

Rendra juga menyatakan bahwa TNI Angkatan Darat (AD) siap mengambil tindakan tegas. Seluruh oknum yang terlibat akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Kami akan kembangkan (kasusnya) dan transparan kepada publik. Itu komitmen kami di TNI Angkatan Darat untuk melakukan proses hukum dan dihukum seadil-adilnya,” tandasnya.

Editor: Wilujeng Nurani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup