Jubir Timnas AMIN Nyatakan Anies-Muhaimin Siap Debat Usai Pihaknya Mengklaim Tak Punya Beban Masa Lalu Soal HAM

Anies-Muhaimin

terkenal.co.id – Juru Bicara Tim Nasional pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Usamah Abdul Aziz mengatakan bahwa Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar merupakan salah satu capres-cawapres yang tak punya beban masa lalu kaitannya dengan Hak Asasi Manusia (HAM).

Atas hal itu, pihaknya tak merasa khawatir perihal gelaran debat capres pertama yang akan dilaksanakan hari ini, Selasa, 12 Desember 2023 di KPU RI.

“Anies Baswedan dan Gus Imin itu salah satu kandidat yang gak punya beban masa lalu, kalau bisa dicek dari yang mendukung gak punya beban masa lalu,” ungkap Usamah kepada awak media.

Usamah juga mengungkapkan jika Calon Presiden Anies Baswedan tak mempunyai beban pelanggaran HAM berat.

Oleh karena itu, Usamah menegaskan jika Anies-Muhaimin salah satu paslon capres cawapres yang bebas dari rekam jejak pelanggaran HAM berat.

“Bahkan capresnya sendiri gak punya beban pelanggaran HAM, jadi gak ada masalah dengan itu,” lanjutnya.

Oleh karena itu, Usamah menyampaikan bahwa Anies dapat menjawab secara tegas perihal komitmennya atas HAM bila ada pertanyaan dari panelis.

“Gak ada masalah sih, kita sudah, sikapnya pak Anies kaitannya dengan pelanggaran ham sudah firm sih,” bebernya.

Hal itu juga dikatakan Juru Bicara Timnas AMIN, Angga Putra Fidrian yang mengeklaim bahwa selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tidak pernah berurusan dengan penggusuran besar yang melanggar HAM.

“Pertanyaan saya, di Jakarta ada penggurusan gak? Yang skalanya kayak Kampung Akuarium sama Bukti Duri, selama pak Anies menjabat? Gak ada. Jadi gak ada, gak ada pelanggaran,” paparnya.

Oleh karena itu, Angga mengungkapkan jika paslon capres cawapres Anies-Muhaimin untuk pembangunan kedepan tidak akan ada pelanggaran HAM.

“Tentunya pembangunan ke depan tidak ada pelanggaran HAM, ya kan jejaknya ada, bahwa pak Anies tidak pernah melakukan penggusuran yang skalanya seperti penggusuran Kampung Akuarium dan Bukit Duri di masa lalu,” pungkasnya.

Untuk diketahui sebagai informasi bahwa KPU RI pada tanggal 13 November 2023 telah ditetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Adapun hasil pengundian serta penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 dilakukan pada Selasa, 14 November 2023.

Hasil penetapan nomor urut tersebut menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Diketahui juga bahwa KPU RI telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

Adapun jadwal pemungutan suara pada Pemilu Pilpres 2024 dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga diketahui telah menyepakati format dan tema debat capres-cawapres peserta Pemilu 2024 dengan ketiga tim pasangan calon.

Adapun debat capres-cawapres ini digelar sebanyak lima kali di Jakarta selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Debat perdana pada hari ini Selasa, 12 Desember 2023 akan mengusung tema: Pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.(*)

Editor: Mishbahul Anam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup