Memasuki Cuaca Musim Hujan, Pemkab Bekasi Lakukan Kesiapan Bencana Hidrometeorologi

Ilustrasi sejumlah wilayah diguyur hujan.

terkenal.co.id – Pemkab Bekasi baru-baru ini akan melakukan langkah mitigasi bencana hidrometeorologi yang berpotensi terjadi. Pasalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi mulai memasuki musim hujan pada November 2023 dan puncaknya pada Januari – Februari 2024.

“Kami lakukan kesiapan hadapi bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor dan angin kencang,” kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang.

Kepala BPBD Provinsi Jawa Barat itu juga mengungkapkan, seluruh BPBD se-Jawa Barat, sudah apel kesiapsiagaan di Bandung.

Untuk memastikan menyiapkan personel, logistik serta peralatan dalam menghadapi bencana saat musim hujan.

“Artinya harus sudah dipersiapkan dari sekarang ini, termasuk langkah mitigasinya,” ucapnya.

Dani menambahkan, Pemkab Bekasi telah siapkan langkah mitigasimulai sejak musim kemarau agar dapat mengantisipasi bencana ketika musim penghujan nanti.

Berbagai langkah mitigasi yang dilakukan mulai dari perbaikan saluran hingga gorong-gorong agar saluran air tidak mampet.

“Normalisasi kali atau sungai juga kita lakukan agar menambah daya tampung air ketika musim hujan,” katanya.

Dani juga mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan. Seluruh jajaran kecamatan hingga tingkat desa/ kelurahan di Kabupaten Bekasi diimbau untuk lakukan kerja bakti pembersihan saluran-saluran air dari sampah-sampah.

“Pastikan seluruh saluran air di wilayah rawan banjir lancar jangan banyak sampah yang menyumbat saluran air,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup