Viral! Anggota BEM UNY Diduga Lecehkan Mahasiswa Baru

Ilustrasi pelecehan seksual.

terkenal.co.id – Ramai di media sosial soal dugaan pelecahan mahasiswa baru yang dilakukan anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Jum’at (10/11/23).

Kabar dugaan pelecehan seksual ini beredar via akun media sosial X @UNYmfs. Dalam postingan itu disebutkan terduga pelaku merupakan anggota BEM FMIPA UNY.

“Aku ga nyangka kuliah di /uny malah direndahin kaya gini… Jadi aku maba dan kenalan sama kating ini dari bulan Februari, waktu itu kenal karena acara fakultas. Kukira dia baik, ternyata dia cab*l, aku udh dilecehin sama dia dari Oktober, sampe sekarang,” tulis postingan yang kini telah dihapus.

Ketua BEM FMIPA UNY 2023 Doni Setyawan membenarkan ada salah satu pengurusnya yang dituduh melakukan pelecehan seksual. Pihaknya pun masih melakukan konfirmasi dan menelusuri kebenaran informasi yang viral di media sosial itu.

“Untuk yang tertuduh itu memang pengurus BEM seperti yang informasi beredar. Informasi yang ada di medsos itu masih bias sehingga perlu adanya konfirmasi, klarifikasi, dan lainnya biar untuk keputusan itu bisa dikatakan lebih fair,” kata Doni di FMIPA UNY, Jumat (10/11/23).

Sementara itu, Dekan FMIPA UNY Dadan Rosana mengatakan pihaknya langsung mengonfirmasi kabar itu kepada terduga pelaku, M. Fahrezy.

Dalam pengusutannya, dia juga melibatkan satgas Anti Kekerasan Seksual supaya lebih transparan dan memastikan tidak ada yang ditutupi.

“Tadi sudah dikonfirmasi dengan terduga pelaku,” ujarnya, Jumat malam.

Dadan mengatakan, jika Fahrezy tidak akan menutupi apapun. Apalagi, saat diperiksa. Fahrezy merasa jika tuduhan yang dialamatkan padanya tidak benar.

“Yang bersangkutan (Fahrezy) bersedia diperiksa jejak digitalnya. Dia merasa itu fitnah,” tambah Dadan.

Karena merasa tuduhan itu tidak benar dan fitnah, Dadan menyebut Fahrezy berencana melakukan pengaduan ke polisi. Pihak kampus akan memberikan pendampingan oleh bagian hukum kampus.

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini pihak kampus sudah melakukan pengusutan. Bahkan, sudah melibatkan satgas anti kekerasan seksual.

“Yang melakukan pengusutan sudah pihak kampus dan berencana melakukan pelaporan kepolisian,” terangnya. =

Sampai saat ini, pihaknya masih menunggu aduan resmi korban pelecehan seksual ke kampus. Dia memastikan jika UNY akan berpihak kepada korban.

“Komitmen kami sangat melindungi korban selama hal itu dilaporkan dengan jelas. Bukan sekedar upload tangkapan layar dengan nama samaran, kemudian dihapus lagi setelah viral dengan cepat,” tandas Dadan.

Editor: Wilujeng Nurani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup