Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2023

Peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata (sumber: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

terkenal.co.id – Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara ziarah nasional dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional Tahun 2023.

Adapun pelaksanaan peringatan Hari Pahlawan 2023 ini dilaksanakan pada Jumat, 10 November 2023 di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata, Jakarta.

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin yang tiba di lokasi sekitar pukul 08.00 WIB turut mendampingi Presiden RI.

Turut hadir juga sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala Lembaga Tiggi Negara, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan para Kepala Staf Angkatan.

Pelaksanaan kegiatan upacara peringatan Hari Pahlawan dimulai dengan laporan Komandan Upacara Kolonel Penerbang Puguh Yulianto kepada Presiden RI Jokowi selaku inspektur upacara.

Setelah itu dilanjut dengan prosesi penghormatan kepada arwah para pahlawan.

Peserta upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional ini juga turut mengenang tragedi Pertempuran 10 November 1945 yang terjadi di Surabaya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan dibunyikannya sirine yang diakhiri dengan mengheningkan cipta diikuti oleh seluruh peserta upacara.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai,” tutur Presiden Jokowi.

Usai mengheningkan cipta, Presiden Jokowi meletakkan karangan bunga dengan dikuti pembacaan doa bagi para pahlawan pendahulu bangsa.

Pembacaan doa dipimpin langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dengan diikuti seluruh peserta upacara.

Usai pembacaan doa, upacar diakhiri dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan yang dipimpin langsung oleh Komandan Upacara.

Pada momentum ini Presiden Jokowi bersama seluruh peserta melakukan prosesi tabur bunga.(*)

Editor: Mishbahul Anam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup