Pasca Kebaran Akibat Flare Prewedding, Savana Bromo Kembali Menghijau

Savana Bromo

terkenal.co.id – Viral di media sosial video yang memperlihatkan kondisi terbaru savana di Bromo yang mulai menghijau. Bahkan, kawasan Gunung Bromo juga telah dibuka kembali untuk wisatawan.

Video itu diunggah oleh akun TikTok dengan nama pengguna @moment.story7 pada Selasa (10/10). Video tersebut telah ditonton 2,6 juta kali hingga saat ini.

“Savana Bromo sudah mulai hijau kembali,” tulis akun tersebut dalam videonya.

Dalam video, terlihat padang savana mulai ditumbuhi tunas-tunas rumput hijau. Video diambil dari tengah-tengah savana dan memperlihatkan keseluruhan area tersebut.

Sebelumnya, kawasan wisata ini sempat ditutup akibat kebakaran hebat akibat flare prewedding yang menghanguskan sekitar 989 hektare lahan.

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) juga membenarkan bahwa sebagian besar vegetasi di kawasan savana Bromo kembali tumbuh dan menghijau.

“Sebagian besar sudah (tumbuh), vegetasi di dominasi oleh rumput, pakis, sudah mulai tumbuh. Lokasinya di savana atau blok watangan,” kata Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS, Septi Eka Wardhani.

“Tapi untuk pepohonan jenis cemara gunung dan acasia masih terlihat dampak kebakaran,” imbuhnya.

TNBTS sebelumnya menyebut proses pemulihan savana pasca-kebakaran diperkirakan membutuhkan waktu 1 hingga 2 bulan untuk mulai tumbuh tunas. Namun, rehabilitasi pohon yang terbakar butuh waktu 3 hingga 5 tahun.

“Kalau savana atau rumput sudah mulai trubus (muncul tunas) dalam waktu 1 sampai 2 bulan. Tapi untuk rehabilitasi pohon butuh waktu 3 sampai 5 tahun,” tegas Septi.

Editor: Wilujeng Nurani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup