Mau Tahu Makanan Sehat Pengganti Nasi? Simak! Ini Rekomendasinya

waktu baca 2 menit
Hidangan khas Indonesia dan Internasional disajikan sepanjang hari untuk sarapan pagi, brunch, dan makan malam. Tamu dapat juga memesan makanan untuk dinikmati di dalam kamar. FOTO: Kuncoro WR/terkenal.co.id

terkenal.co.id – Nasi menjadi asupan makanan pokok banyak orang, karbohidrat atau kalori dalam nasi membuat tubuh menjadi kenyang. Namun, sebagian orang mengonsumsi nasi tidak sesuai dengan kebutuhan tubuhnya.

Mengurangi porsi nasi biasa dilakukan oleh seseorang yang sedang menjalani diet atau menjaga pola makan, dengan mengurangi asupan karbohidrat yang terkandung dalam nasi.

Untuk mengurangi konsumsi nasi, Anda dapat menggantinya dengan alternatif makanan sehat lainnya, seperti biji-bijian, sayuran, atau umbi-umbian.

Dilansir dari Healthline, Selasa (10/10/2023), nasi dapat diganti dengan alternatif makanan lain yang sehat. Berikut 8 makanan makanan sehat pengganti nasi.

script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-7087156125112803" crossorigin="anonymous">

Biji Gandum
Gandum bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengganti nasi, dan menjaga pola makan sehat. Kandungan dalam gandum lebih tinggi proteinnya dibandingkan dengan nasi, bahkan gandum tidak mengandung gluten.

Kandungan gandum sangat lengkap, seperti sembilan asam amino esensial, sumber mineral penting magnesium, dan tembaga. Kandungan tersebut penting untuk metabolisme tubuh dan kesehatan tulang.

Kembang Kol
Kembang kol memiliki rasa yang unik, tekstur dan tampilannya yang mirip dengan nasi. Anda hanya perlu mencincang kembang kol kemudian mengukusnya. Kembang kol hanya memiliki sedikit kalori dan karbohidrat.

Nasi Shirataki
Nasi shirataki adalah nasi yang populer bagi yang sedang menjalani diet. Nasi ini rendah karbohidrat dan kalori. Nasi shirataki terbuat dari akar konjak yang kaya akan serat glukomanan, yang biasa tumbuh di wilayah Asia.

Jelai atau Barley
Merupakan biji-bijian yang berkerabat dengan gandum dan gandum hitam. Jelai memiliki bentuk yang mirip dengan oat dan bertekstur kenyal. Jelai mengandung banyak protein dan serat, dan nutrisi seperti niasin, seng, serta selenium.

Brokoli
Brokoli menjadi salah satu alternatif pengganti nasi. Karena brokoli mengandung rendah kalori dan mengandung serat. Brokoli juga merupakan sumber vitamin c, yang dapat bertindak sebagai antioksidan kuat mencegah Kerusakan sel dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Kubis
Kandungan kalori dan karbohidrat kubis cukup rendah. Terdapat juga vitamin C, dan K yang bisa membuat sirkulasi darah lancar serta menjaga kesehatan tulang.

Kentang
Kentang dapat dikonsumsi menjadi alternatif pengganti nasi. Selain rasanya yang gurih, kentang juga rendah kalori dan mengandung kalium, folat, vitamin C, niasin, serta zat besi.

Ubi Jalar
Ubi jalar sudah dikonsumsi sejak zaman dahulu dan merupakan salah satu sumber energi. Sejumlah nutrisi dan gizi yang terkandung di dalam ubi jalar lebih banyak ketimbang nasi. Ubi jalar merupakan makanan yang rendah kalori, kaya akan serat, vitamin A, vitamin C, kalium, kolin, dan antioksidan.

Sumber: Beritasatu.com

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Advertisement
Advertisement
%d blogger menyukai ini: