KPU Akan Menata Ulang Durasi Verifikasi Syarat Pendaftaran Bacapres

FOTO: Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari Instagram/KPU

terkenal.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menata ulang durasi verifikasi syarat pendaftaran penetapan bakal calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres). Pihaknya, tak akan mengurangi hak partai politik pengusung.

“Jadi nanti yang kita tata ulang, yang kita periksa ulang itu berkaitan dengan tahapan yang menjadi ruang lingkup tugasnya KPU,” kata Hasyim diunggah Kompas.com dikutip terkenalcoid pada Minggu (24/9/2023).

Dalam rapat konsultasi dengan Komisi II DPR RI pada Rabu (20/9/2023) kemarin, KPU menyodorkan 2 opsi tahapan pendaftaran-penetapan capres-cawapres.

Pada opsi pertama, pendaftaran dimulai 10 Oktober 2023 dan penetapan dilakukan per 13 November 2023.

Kemudian, opsi kedua, yang belakangan disepakati, pendaftaran dimulai 19 Oktober 2023 dan penetapan dilakukan per 13 November 2023.

Lalu, dalam mekanisme yang ditampilkan di dalam rapat, opsi kedua ini membuat usul penggantian, tes kesehatan, dan verifikasi calon pengganti akan lebih padat, yakni 26 Oktober-11 November 2023.

Kendati demikian, jika opsi pertama yang dipilih, tahapan ini bisa dimulai 17 Oktober 2023. Namun, Hasyim mengeklaim, mekanisme di dalam rapat itu belum final.

Tetapi pihaknya berencana akan tetap memberi waktu yang lebih panjang pada tahapan usul penggantian, tes kesehatan, dan verifikasi calon pengganti agar tidak mengurangi hak partai politik.

“Kalau untuk pemenuhan masa perbaikan itu kan haknya pihak yang dilayani KPU, yaitu bakal pasangan calon dan juga partai politik dan dukungan partai politik,” pungksanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup