Menkominfo Sebut Ada Oknum Bank Jual Data Nasabah

Menkominfo Budi Arie Setiadi - FOTO: (Pey)

terkenal.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, mengungkapkan ada oknum di sebuah bank yang sengaja menjual data pribadi nasabahnya.

“Dua hari yang lalu saya tandatangan ada beberapa bank saya tidak mau sebutin ya, kita denda, karena dia membocorkan data pribadi nasabah,” ujar Budi Arie dilansir cnbcindonesia.comSenin (21/8/23).

Budi yakin perbuatan yang dilakukan oknum tersebut ilegal. Lantas, pihaknya telah memberi sanksi denda atas kejadian itu.

“Karena motifnya ekonomi, ya hukumannya denda aja tidak usah penjara. Nanti keenakan dia,” kata dia.

Akan tetapi Budi enggan untuk menyebut nama bank yang tersangkut perkara tersebut. Ia pun menegaskan bahwa itu merupakan tindak kejahatan oknum.

“Ada satu bank, saya nggak usah sebutin bank-nya, kita tandatangan, kita suratin, kita denda karena mereka membocorkan data nasabahnya untuk dijual dan saya yakin itu ilegal,” tuturnya.

Diketahui, data yang bocor rentan untuk disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab. Hal ini pun bisa bermuara kepada kejahatan keuangan di dunia siber.

Menurut data yang diterima Satgas Waspada Investasi OJK, sejak 2017 hingga 3 Agustus 2023, OJK telah menemukan sebanyak 1.194 entitas investasi ilegal, 5.450 pinjol ilegal dan 251 gadai ilegal.

Adapun kerugian masyaarakat akibat investasi ilegal dari tahun 2017-2022 mencapai Rp139,03 triliun.

Editor: Wilujeng Nurani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup