Bersama PLN, Ganjar Luncurkan Perahu Listrik untuk Nelayan di Cilacap

Ganjar mengatakan saat ini Pemrov Jateng tengah serius menggerakkan penguatan nelayan kecil dengan berbagai fasilitas dan program. Cilacap sendiri disebut Ganjar akan menjadi pionirnya. Foto: Sindonews

terkenal.co.id – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo bersama jajaran PLN meluncurkan uji coba teknologi kapal nelayan bertenaga listrik di Pantai Teluk Penyu, Cilacap pada Jum’at (11/8/23).

Motor kapal yang dikonversi dari BBM ke listrik ini, merupakan bantuan sinergi PLN Group untuk memperkenalkan Electrifying Marinesekaligus menjadi bukti nyata pengabdian BUMN untuk bangsa dalam rangka menyambut HUT RI yang ke-78.

Adapun bantuan penyerahan motor kapal yang dikonversi dari BBM ke listrik tersebut bantuan dari PLN Group senilai total Rp 571 juta. Tambahan bantuan lain juga datang dari PT. Sumber Segara Primadaya (S2P) senilai Rp 434 juta.

Selain kapal listrik, ada juga bantuan Premi Asuransi untuk 800 nelayan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng dan Premi Asuransi untuk 10.000 nelayan serta 18 unit perahu dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap.

Ganjar mengatakan saat ini Pemrov Jateng tengah serius menggerakkan penguatan nelayan kecil dengan berbagai fasilitas dan program. Cilacap sendiri disebut Ganjar akan menjadi pionirnya.

Terlebih, masih kata Ganjar, Pemprov Jateng terus aktif menjalin komunikasi dan kerja sama dengan BPAN dan PLN untuk menyokong para nelayan kecil.

“PLN-nya sudah menyiapkan, pabriknya ada, nelayan-nelayannya mau, hitung-hitungannya saya kira sudah cukup akurat. Tinggal insentif yang diberikan pada pemerintah,” kata Ganjar.

“Harapannya setidaknya tiga tahun lah kami kasih insentif kepada mereka, nelayan dijamin asuransinya, kemudian mesinnya diganti tenaga baterai, edukasinya dilakukan,” imbuhnya.

Selain menyokong fasilitas dan asuransi, Ganjar menyatakan pihaknya akan terus mengedukasi nelayan kecil agar bisa merasakan manfaat transisi energi itu.

Sementara itu, anggota Kelompok Nelayan Pandanarang, Tukiman, berterima kasih kepada Ganjar dan seluruh yang instansi yang turut memberikan bantuan. Menurutnya, bantuan tersebut sangat membantu para nelayan.

“Kami mewakili nelayan sini sangat berterima kasih sekali. Kami bisa mengatahui energi mesin bertenaga listrik. Untuk asuransi nelayan juga sangat membantu kami,” kata dia.

Editor: Wilujeng Nurani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup