Mantap! BBWM dan Pj Bupati Bekasi Resmikan PLTS di Babelan

PT. BBPWM Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (foto: bekasikab.go.id)

terkenal.co.id – PT. Bina Bangun Wibawa Mukti (BBWM) mendirikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PTLS) berkapasitas 50 KWP.

Pendirian PTLS ini dibangun oleh PT. BBWM yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bekasi.

Pembangunan PTLS diresmikan oleh Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan yang berlokasi di Desa Kedung Jaya Kecamatan Babelan, pada Sabtu, 12 Agustus 2023.

Dalam kesempatan ini, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menyampaikan bahwa pembangunan PLTS ini bisa dijadikan sebagai tonggak sejarah.

Dikatakan Dani Ramdan bahwa pembangunan ini dilatarbelakangi oleh era baru bergesernya energi fosil ke energi terbarukan yaitu tenaga surya.

Dani mengungkapkan bahwa pembangunan PTLS ini masih dalam cakupan kapasitas yang cukup kecil atau diperuntukkan bagi penggunaan internal PT. BBWM.

Pj Bupati Bekasi melalui kesempatan peresmian ini mengungkapkan harapannya, ia berharap nantinya dapat mendorong pelaku usaha sebagai pengguna energi terbarukan.

“Saya berharap, dengan portofolio yang sudah ditunjukkan BBWM membangun PLTS ini, bisa menunjukkan kepada investor lain, dunia usaha dan industri, untuk bisa menjalin kerjasama dengan BBWM membangun instalasi PLTS di Kabupaten Bekasi, dan mendorong penggunaan energi yang terbarukan,” tandasnya.

Diketahui bahwa pembangunan PLTS ini setidaknya dapat mengurangi biaya untuk kebutuhan bahan bakar serta maintance senilai Rp200 juta per bulan.

Dani mengungkapkan bahwa pembangunan ini nantinya dapat menginspirasi pengusaha untuk bergeser menggunakan PLTS.

“Mudah-mudahan ini bisa menginspirasi dan memotivasi para pengusaha dan industriawan lainnya di Kabupaten Bekasi, untuk bergeser ke PLTS dan bekerja sama dengan BBWM,” ujarnya.

Dani juga berharap nantinya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dapat dibangun di Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi Cikarang Pusat.

“Jadi nanti, sebagian tenaga listrik di perkantoran Pemda Kabupaten Bekasi beralih ke tenaga surya,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. BBWM, Prananto Sukodjatmoko mengungkapkan, bahwa ini merupakan PLTS pertama yang dibangun di Kabupaten Bekasi, untuk efisiensi penggunaan bahan bakar gas di PT. BBWM.

“Pembangunan PLTS ini juga dalam rangka mendukung Peraturan Pemerintah yang mengharuskan tahun 2025 sudah tercapai energi baru terbarukan sebesar 23 persen,” tukasnya.

Prananto menambahkan bahwa dibangunnya PLTS ini sebagai upaya mendukung komitmen pemerintah dalam mengurangi emisi CO2 (Net Zero Emission). (*)

Editor : Mishbahul Anam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup