Antisipasi Dampak El Nino, Perum Bulog Percepat Realisasi Impor Beras

Ilustrasi

terkenal.co.id – Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) akan segera mengambil langkah impor beras sebagai upaya untuk stabilisasi harga beras dalam penyikapan menghadapi fenomena El Nino.

Seperti diketahui fenomena El Nino berpotensi mendatangkan kekeringan ekstrem di sejumlah wilayah hingga berimbas pada gagal panen padi.

Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog, Mokhamad Suyamto, menjelaskan dengan mempercepat impor beras, maka stok cadangan beras pemerintah dipastikan aman.

“Masyarakat jangan khawatir dengan dampak El Nino. Ada sisa kuota impir beras yang akan terus diupayakan untuk didatangkan lebih cepat ke Indonesia,” ujarnya.

Selain kebijakan impor beras, kata Suyamto, Bulog juga melakukan penyerapan gabah/beras dalam negeri secara maksimal.

“Di samping itu, proses penyerapan produksi dalam negeri juga masih terus dilakukan,” jelasnya.

“Impor beras terealisasi sudah 1,6 juta ton. Sementara, realisasi penyerapan gabah/beras hasil petani dalam negeri sampai dengan Kamis (10/8/23) sudah mencapai 780.000 ton,” urainya.

Selain itu, Bulog juga terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun daerah guna menjaga pemerataan ketersedian stok. Kemudian, Bulog juga menjamin kebutuhan pangan akan terus tersedia, khususnya beras.

Suyamto berharap, kebijakan pemerintah untuk mengimpor beras melalui Perum Bulog ini akan semakin memperkuat stok cadangan beras pemerintah.

Editor: Wilujeng Nurani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup