Menyambut HUT RI ke-78, Indonesia Merdeka dari Siaran TV Analog

Ilustrasi TV

terkenal.co.id – Direktur Penyiaran Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Geryantika Kurnia mengatakan, siaran televisi (TV) analog di seluruh Indonesia telah resmi dimatikan.

Sebelumnya, Geryantika menargetkan Indonesia akan merdeka TV analog dan sepenuhnya berganti dengan siaran TV digital sebelum Hari Ulang  Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI).

“Per 2 Agustus 2023 siaran analog sudah dihentikan di seluruh Indonesia oleh semua stasiun TV dan sekarang hanya bersiaran digital,” ujar Geryantika dilansir dari Kompas.com (6/8/23).

Menurutnya, penghentian siaran analog akan memberi manfaat besar bagi masyarakat Tanah Air. Pasalnya, beralih ke siaran TV digital akan menghasilkan suara dan gambar tayangan yang jauh lebih jernih dan berkualitas.

Hal ini berbeda dengan analog yang telah mengudara selama hamper 60 tahun. Di mana siaran TV analog ditransmisikan dengan gelombang radio, sehingga kualitas sinyalnya dipengaruhi oleh kondisi cuaca dan letak geografisnya.

Selain itu, biaya operasional siaran tv ini juga tinggi, lantaran setiap stasiun menggunakan pemancar sendiri-sendiri.

Oleh karenanya, sebagai solusinya pemerintah pun memutuslan untuk beralih ke siaran TV digital secara bertahap hingga Agustus 2023.

Editor: Wilujeng Nurani

  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup