Kabar Baik, Polisi Resmi Ganti Materi Ujian Praktik SIM C

foto: Twitter/@TMCPoldaMetro

terkenal.co.id – Mulai hari ini ujian praktik mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C alias SIM motor di Ibu Kota tidak lagi memakai manuver slalom membentuk angka 8 dan zig-zag.

Hal ini disampaikan oleh Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman bahwa Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi mengubah materi ujian praktik SIM C. Adapun kebijakan baru ini diberlakukan mulai Jum’at, (4/8/23).

“Pelaksanaannya dari Daan Mogot sudah kita mulai beberapa di Polres Tangerang Kota, Tangerang Kabupaten, Tangerang Selatan, Depok, Bekasi Kota sudah dilaksanakan juga,” kata Latif.

Latif menuturkan kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari perintah Kapolri Jenderal Sigit Prabowo beberapa waktu lalu.

<

“Iya tindak lanjut perintah Kapolri. Dari Korlantas juga sudah mengeluarkan petunjuk ujian SIM terbaru,” jelasnya.

Sebelumnya, Kapolri meminta agar praktik ujian SIM C dievalusi sehingga tidak menyulitkan pemohon. Menurutnya dari banyak ujian praktik ada dua yang disoroti yaknik praktik zig-zag dan angka 8.

“Khusus untuk pembuatan SIM, ini saya minta ke Korlantas tolong dilakukan perbaikan. Saya kira kalau memang sudah tidak relevan, bisa diperbaiki,” kata Listyo saat upacara Program Pendidikan Ilmu Kepolisian di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Rabu (21/6/23).

Dengan demikian, Latif menerangkan bahwa materi praktik ujian SIM C diubah untuk memudahkan masyarakat. Lantaran, materi sebelumnya dianggap menyulitkan masyarakat.

Berikut perubahan materi ujian praktik SIM C:

1. Perubahan lintasan menjadi sebuah sirkuit yang mengakomodir 4 materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi Zig-zag test atau slalom test.

2. Uji membentuk angka 8 digantikan dengan uji membentuk huruf S.

3. Untuk ukuran lebar lintasan diperlebar dari ukuran lama 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.

Editor: Wilujeng Nurani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup