Menakjubkan! Simak Ini Lima Manfaat Dahsyat Berhenti Merokok

Ilustrasi Berhenti Merokok (foto: Freepik)

terkenal.co.id – Berikut kami sajikan lima manfaat dahsyat berhenti dari kebiasaan merokok.

Kebiasaan merokok tentunya dapat berbahaya serta menyebabkan komplikasi terhadap kesehatan hingga beberapa penyebab kematian.

Kebiasaan merokok juga memiliki efek buruk terhadap aktivitas sehari-hari seperti datangnya penyakit yang diderita akibat merokok.

Sebagian perokok menganggap bahwa berhenti merokok tentunya menjadi hal paling sulit untuk dilakukan.

Kenyataan tersebut tak sebanding dengan manfaat dari berhenti merokok, karena dapat merasakan manfaat mulai dari jangka pendek hingga jangka panjang.

Dirangkum terkenal.co.id terdapat lima manfaat kesehatan setelah anda memutuskan untuk berhenti merokok.

1. Meningkatlan Lebih Banyak Energi

Manfaat pertama dari berhenti merokok salah satunya adalah membuat tubuh lebih berenergi. Seiring dengan membaiknya pernapasan dan aktivitas fisik, peningkatan oksigen dalam tubuh juga akan memberi lebih banyak energi.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Berhenti dari kebiasaan merokok juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, hal ini dibarengi dengan adanya peningkatan sirkulasi serta peningkatan kadar oksigen dan juga menurunkan peradangan setelah memutuskan berhenti merokok.

Sistem kekebalan tubuh ketika anda memutuskan berhenti merokok nantinya akan didapatkan, karena tidak lagi terkena tar dan nikotin. Ini membuat tubuh menjadi lebih kuat, dan akan cenderung tidak mudah sakit.

3. Menurunkan Resiko Kanker

Manfaat lain dari berhenti merokok salah satunya adalah menurunkan risiko terkena kanker khususnya kanker paru-paru dan kanker tenggorokan.

Manfaat tersebut dapat didapatkan ketika anda berhenti merokok dalam jangka waktu setelah 5 hingga 10 tahun.

4. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Merokok adalah penyebab utama serangan jantung dan penyakit jantung. Merokok juga bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

Berhenti merokok dapat menurunkan tekanan darah dan membuat jantung anda berdetak normal.

Tak hanya itu, berhenti merokok juga akan menurunkan kadar kolesterol dan lemak yang bersirkulasi dalam darah. Ini membantu memperlambat penumpukan timbunan lemak baru di arteri.

5. Menurunkan Resiko Penyakit Paru-paru

Manfaat kelima dari berhenti merokok diantaranya membuat pernapasan lebih mudah dan terhindar dari penyakit paru-paru. Pada 1 hingga 9 bulan setelah berhenti merokok, batuk, sesak napas, dan hidung tersumbat akan mulai berkurang.

Editor : Mishbahul Anam

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup