Kisruh Soal PPDB, Mendikbudristek Nadiem Makarim Buka Suara!

Nadiem Makarim (Sumber: Kemdikbud.go.id)

terkenal.co.id – Kisruh soal PPDB, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim buka suara pascapolemik seleksi sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Dengan demikian, Nadiem mendapat ‘getah’ setiap tahunnya karena sistem zonasi yang bukan dibuat olehnya.

“Kita kena getahnya setiap tahun karena zonasi,” ungkap Nadiem dalam TalkShow dikutip pada Senin (31/7/2023).

Nadiem menjelaskan bahwa zonasi merupakan kebijakan yang dibuat Muhadjir Effendy, mendikbud periode sebelumnya. Sebagai menteri yang melanjutkan kebijakan tersebut, Nadiem mendapatkan dampak setiap kali penerimaan siswa baru.

Bagaimanapun, timnya menilai jika kebijakan tersebut merupakan hal yang penting dan harus tetap dilanjutkan.

“Kebijakan zonasi itu bukan kebijakan saya, itu kebijakan (menteri) sebelumnya, Pak Muhadjir. Tapi itu kita sebagai satu tim merasa ini adalah suatu kebijakan yang sangat penting,” ungkapnya.

Menurutnya, apabila sistem zonasi tidak diterapkan, akan ada kesenjangan dalam mengakses dunia pendidikan. Seperti misalnya anak-anak yang tidak mampu harus membayar di sekolah swasta karena mereka tidak bisa masuk sekolah negeri.

“ Nah, itu salah satu contoh di mana continuity itu sangat penting. Jadi ada berbagai macam kebijakan yang sebelumnya ada yang kita dorong, yang kita lanjutkan dan itu enggak masalah,” ujarnya.

Laporan: Ajeng Puspa

Editor: Wilujeng Nurani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup