Smartphone Semakin Canggih, Anda Harus mengetahui Hal Ini

JAKARTA – Pada jaman sekarang tentunya sudah cukup sangat canggih, banyak hal yang bisa dilakukan hanya melalui sebuah smartphone, misalnya saja berbelanja online, kirim email, video call, bermain game, hingga melakukan pembayaran.

Apalagi disaat pandemi seperti ini banyak kegiatan yang mulai mengharuskan dilakukan dirumah seperti bekerja dan sekolah. Tentunya itu biasa dilakukan melalui Google Meet, dan Zoom yang mana bisa diakses melalui laptop hingga smartphone. Dengan begitu pastinya membuat kita lebih terikat dengan smartphone.

Namun kalian harus mengetahui bahwa jika smartphone yang sering kita genggam, jika kita terus terikat dengan benda tersebut akan memicu timbulnya masalah kesehatan mental misalnya saja seperti stress.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Universitas Korea di Seoul, Korea Selatan membandingkan kesehatan mental remaja yang kecanduan smartphone dan teman-teman mereka yang tidak kecanduan. Mereka menemukan bahwa remaja yang kecanduan teknologi menunjukkan tingkat kecemasan, depresi, insomnia, dan impulsif yang jauh lebih tinggi.

Maka itu perlu bagi diri kita masing-masing untuk sejenak saja ber-istirahat dari smartphone. Berikut adalah alasannya.

Lebih banyak memiliki waktu luang

Ketika sedang bersama smartphone banyak hal penting di kehidupan nyata yang terlewatkan hanya karena benda tersebut. Namun, ketika kita break dari benda tersebut dapat membuat kita lebih banyak waktu dengan orang sekitar seperti mengobrol bersama keluarga secara langsung tanpa harus fokus terhadap smartphone.

Meningkatkan produktivitas

Dengan sedikit jeda yang diberikan, dapat membuat waktu kerja semakin produktif dan tertata. Terutama tidak membuat kita terpaku atau ke distract dengan berbagai hal seperti notifikasi yang muncul dari smartphone.

Mengurangi stress dan perasaan cemas

Notifikasi, telefon, dan pesan singkat yang muncul dari smartphone sering kali membuat kita merasa cemas karena misalnya notifikasi deadline tugas yang muncul dan harus segera diselesaikan, lalu juga pesan singkat yang harus dibalas.

Hal tersebut seringkali membuat diri kita terikat. Namun, dengan istirahat sejenak dapat membuat pikiran terasa lebih tenang dari hal-hal yang mengikat.

Tidak membanding-bandingkan kehidupan di social media

Hal ini pasti sangat sering terjadi di kehidupan kita. Membandingkan kehidupan kita dengan kehidupan orang lain di social media sangat tidak sehat, karena dapat membuat diri kita tidak bersyukur dan apa yang mereka perlihatkan di social media belum tentu selalu sesuai dengan kehidupan di dunia nyata.

Meningkatkan kualitas tidur

Sebelum tidur biasanya seringkali dari kita men-scroll tampilan home seperti di Instagram, Youtube, Tiktok dan belum lagi notifikasi pesan yang muncul hingga kita harus membalas. Dan secara tidak sadar hal tersebut dapat mengurangi jam tidur kita yang dapat mengganggu kualitas tidur.

Namun, jika kita sedang break dari smartphone kita akan terbebas dari tuntutan untuk membalas pesan dan hal-hal yang membuat diri kita ke-distract dengan berbagai hal sebelum tidur. Maka itu hasil tidur yang didapat lebih berkualitas, ditambah lagi persaan menjadi lebih tenang karena tambahan lilin aromaterapi yang dinyalakan ketika ingin tidur.

Sumber : Edukasinews.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup